TNI AU akan mengaktifkan Bandara Piobang Limapuluh Kota

id Bandara piobang, kabupaten limapuluh kota, TNI AU

TNI AU akan mengaktifkan Bandara Piobang Limapuluh Kota

Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota Ferizal Ridwan berbincang dengan Asisten Potensi Dirgantara, Marsekal Muda TNI Iman Sudrajat, di Piobang. ((Syafri Ario/Antara Sumbar))

Sarilamak (ANTARA) - Bandar udara Piobang yang terletak di Nagari Piobang Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat akan diaktifkan kembali setelah kunjungan Markas Besar TNI Angkatan Udara (Mabesau) siang ini.

"Pengaktifan bandara ini akan menjadi oleh-oleh kami ke Mabes setelah kunjungan dan bakti sosial ini," kata Asisten Potensi Dirgantara, Marsekal Muda TNI Iman Sudrajat, di Piobang, Kamis.

Ia mengatakan untuk mengaktifkan kembali bandara Piobang diperlukan juga dorongan dari semua pihak terutama Pemda, DPRD dan Kementrian terkait.

"Yang pasti kami akan membawa rencana ini ke Mabes namun tentu kita juga perlu persetujuan dari Pemerintah pusat," ujarnya.

Ia menyadari Bandara Piobang merupakan bandara bersejarah dan strategis yang memang menjadi prioritas Mabesau untuk diaktifkan lagi.

"Di sini dulu beberapa kali Wapres Bung Hatta mendarat dan di sini adalah basis perjuangan PDRI," ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota Ferizal Ridwan mengatakan pemkab sudah memasukkan rencana pengaktifan kegiatan dirgantara di Piobang dalam RPJMD.

"Tahapan sudah kita mulai dengan memasukkan ke rencana pembangunan daerah RPJMD," kata Wabup.

Wali Nagari Piobang Saffan Nur menyebut masyarakat Nagari Piobang siap untuk membantu dan mempermudah proses pengaktifan bandara Piobang.

"Walaupun kondisi lapangan pacu bandara sekarang ditumbuhi tanaman namun masyarakat kapan saja siap membersihkannya," katanya. (*)