LLDIKTI : perguruan tinggi siapkan lulusan yang mampu bersaing di era Industri 4.0

id era industri 4.0, lldiktiwilayah10

LLDIKTI : perguruan tinggi siapkan lulusan yang mampu bersaing di era Industri 4.0

Workshop pengembangan kurikulum diikuti pengelola perguruan tinggi swasta dari yaitu Sumbar dan Jambi di Padnag, Rabu (13/2)  (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah 10 mendorong perguruan tinggi swasta untuk menyiapkan lulusannya mampu bersaing di era industri 4.0.

"Sekarang orang tidak lagi bicara indeks prestasi tapi ilmu pengetahuan dan teknologi karena itu pengelola perguruan tinggi harus menyiapkan kurikulum yang bisa mengakomodasi kebutuhan dunia kerja era industri 4.0," kata Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan LLDikti wilayah 10 Ely Susanti di Padang, Rabu.

Ia menyampaikan hal itu pada pembukaan workshop pengembangan kurikulum diikuti pengelola perguruan tinggi swasta bidang teknik dari yaitu Sumbar dan Jambi.

Menurutnya sekarang semuanya berbasis teknologi informasi, untuk itu perlu disiapkan lulusan yang terampil dan andal.

"Dalam rangka mempersiapkan hal itu dimulai dari penyusunan kurikulum sehingga lulusan siap beradaptasi pada era serba teknologi informasi," katanya.

Sementara salah seorang pembicara yaitu Head of Technopreunership Departmen Surya University Dessy Aliandrina Phd menyampaikan saat ini perusahaan teknologi terkemuka tidak lagi melihat latar pendidikan atau ijazah dalam menerima karyawan karena yang penting adalah keahlian.

Ia menceritakan saat ini punya anak didik usia 11 tahun namun sekolah hingga kelas 3 SD akan tetapi memiliki kemampuan yang baik di bidang teknologi informasi.

Dessy menyampaikan pemanfaatan teknologi yang dulu tidak pernah terpikirkan akan sampai ke Indonesia nyatanya hari ini sudah ada di depan mata.

Bahkan di Jakarta saat ini sudah ada retail yang pengunjungnya berbelanja tanpa ada kasir dan harus menggunduh aplikasi, kata dia.

Artinya, lanjut dia karena pesatnya perkembangan teknologi informasi harus disiapkan lulusan yang bisa beradaptasi dengan hal itu sehingga mudah terserap dunia kerja. (*)