LPG 3kg dijual Rp33 ribu di Gunung Sitoli, Nias

id LPG

LPG 3kg dijual Rp33 ribu di Gunung Sitoli, Nias

Pekerja menata tabung gas elpiji 3 kilogram. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Saat ini kita masih melakukan pertemuan dengan DPC Himpunan Wiraswasta Nasional Migas dan Gas Tapanuli-Nias untuk menentukan HET LPG 3 kg di Kota Gunungsitoli,
Gunungsitoli, Sumut, (Antaranews Sumbar) - LPG bersubsidi ukuran 3 kilogram (Kg) dijual Rp33 ribu di Kota Gunungsitoli, Pulau Nias, Sumatera Utara sementara harga eceran tertinggi (HET) gas yang belum ditentukan.

Kepala Bagian Perekonomian Kota Gunungsitoli, Karman Sinaga, di Gunungsitoli, Selasa, membenarkan bahwa hingga saat ini HET LPG 3 kg di Kota Gunungsitoli masih belum ditentukan.

"Saat ini kita masih melakukan pertemuan dengan DPC Himpunan Wiraswasta Nasional Migas dan Gas Tapanuli-Nias untuk menentukan HET LPG 3 kg di Kota Gunungsitoli," terangnya.

Pada pertemuan yang telah dilakukan beberapa kali, menurut Karman, pemerintah Kota Gunungsitoli masih belum menemui kesepakatan dengan DPC Hiswana Migas Tapanuli-Nias terkait HET LPG 3 kilogram.

Namun dia memastikan jika HET LPG 3 kg untuk daerah Kota Gunungsitoli akan ditentukan akhir Januari 2019 agar bisa diterapkan mulai bulan Februari 2019.

Ia juga menyampaikan jika HET LPG di Kota Gunungsitoli tidak akan sama dengan HET LPG 3 kilogram di Sibolga atau daerah lainnya di luar Pulau Nias.

Perbedaan HET terjadi karena ada penambahan biaya angkutan atau biaya penyeberangan dari luar Pulau Nias ke Kota Gunungsitoli serta biaya distribusi ke daerah-daerah.

"Saat ini harga LPG 3 kilogram di Kota Sibolga hanya Rp17.000 sampai Rp 18.000 per tabung, di Kota Gunungsitoli tidak akan sama karena ada penambahan biaya angkutan penyeberangan dan distribusi," ungkapnya.

Ia belum bisa memberitahu berapa HET LPG 3 kilogram yang diajukan Pemko Gunungsitoli dalam pertemuan dengan Hiswana Migas Tapanuli - Nias dan berapa yang diajukan Hiswana Migas.

"Kita sudah melakukan pertemuan beberapa kali, dan kita pastikan HET bisa disepakati bulan ini dan bisa diterapkan pada bulan Februari," ucapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, dari sejumlah pengecer LPG 3 kg di Kota Gunungsitoli, LPG 3 kg dijual Rp33.000 sampai Rp 35.000, sedangkan harga pembelian dari agen resmi penyalur LPG di Kota Gunungsitoli Rp26.500.(*)