Federasi arung jeram Pesisir Selatan dukung wisata minat khusus

id arung jeram

Arung jeram. ANTARASUMBAR/Erik Ifansya Akbar/12/wij

Painan, (Antaranews Sumbar) - Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat siap mendukung pengembangan wisata minat khusus di daerah setempat khususnya arung jeram.

"Pesisir Selatan memiliki 19 sungai besar atau yang terbanyak dibanding kabupaten / kota lain di Sumatera Barat dan cukup potensial dikembangkan sebagai wisata minat khusus," kata Ketua Umum FAJI Pesisir Selatan, Rino Yurismanto di Painan, Sabtu.

Saat ini, federasi yang dipimpinnya telah memetakan beberapa titik ideal untuk berolahraga arung jeram di empat sungai dari 19 sungai itu.

Sungai tersebut ialah Batang Tarusan, Batang Lumpo, Batang Salido dan Timbulun Painan, titik itu dipetakan setelah pihaknya berarung jeram di sana.

Ke depan, pihaknya akan menjajal sungai lainnya sembari melakukan pemetaan terhadap titik yang dianggap paling menantang.

"Dari sekian ratus kilometer panjang sungai tidak semuanya menarik sebagai lokasi berarung jeram, hal itu disebabkan karena beberapa hal mulai dari arusnya yang pelan, kurang menantang dan lain sebagainya," katanya lagi.

Dengan adanya pemetaan ia berharap bisa menjadi refrensi bagi pihak-pihak yang ingin mengembangkan wisata minat khusus arung jeram.

Sehingga, sebutnya, wisatawan memiliki pilihan berlibur ketika datang ke Pesisir Selatan populer dengan wisata baharinya.

"Tentu saja wisata minat khusus akan menjadi nilai tambah Pesisir Selatan dimata wisatawan, baik lokal maupun mancanegara," tambahnya.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar