Semen Padang grup salurkan beasiswa senilai Rp644 juta

id beasiswa, semen padang

Semen Padang grup salurkan beasiswa senilai Rp644 juta

Penyerahan beasiswa PT Semen Padang di Padang, Rabu (19/12). (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (Antaranews Sumbar) - PT Semen Padang bersama anak perusahaan kembali menyalurkan beasiswa dan bantuan pendidikan semester II tahun ajaran 2017/2018 kepada 1.097 penerima dari berbagai jenjang pendidikan untuk siswa berprestasi dari keluarga tidak mampu senilai Rp644.650.000.

"Ini menjadi kewajiban perusahaan di bidang pendidikan dalam mencerdaskan kehidupan bermasyarakat. Kami berharap perusahaan terus bisa tetap berkembang sehingga program ini bisa terus berlanjut," kata Direktur Utama PT Pasoka Sumber Karya Hari Utama di Padang, Rabu mewakili Direksi PT Semen Padang.

Sementara Kepala Biro CSR Semen Padang Muhammad Ikrar menyebutkan untuk tingkat SD menerima sebesar Rp400 ribu, tingkat SMP Rp500 ribu, SMA Rp750 ribu dan uperguruan tinggi sebesar Rp1 juta.

Penerima beasiswa dan bantuan pendidikan ini merupakan beasiswa berkelanjutan dengan fokus pada siswa berprestasi namun tidak mampu, ujar dia.

Ia menyampaikan penerima disyaratkan memiliki rata-rata 8 untuk tingkat SD, SMP, dan SMA , sedangkan untuk perguruan tinggi minimal IPK 3.

"Untuk memenuhi peryaratan ini, pihaknya bekerja sama dengan pihak sekolah dan perguruan tinggi dan beasiswa tersebut didistribusikan PT Semen Padang di wilayah Kota Padang, Dumai, dan Lampung Selatan," katanya.

Ia menyamapikan sumber dana berasal PT Semen Padang senilai Rp 70.250.000 untuk 690 penerima, PT Pasoka Sumber Karya Rp112.500.000 untuk 100 penerima, PT Yasiga Sarana Utama Rp125.000.000 untuk 100 penerima, PT Radio Gema Karang Putih Rp3.300.000 dan UPZ Semen Padang sebesar Rp36.900.000 untuk 207 penerima.

Disamping itu, tahun ini CSR Semen Padang juga memberikan beasiswa untuk mahasiswa dari wilayah ring satu yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dengan grade A, yakni UGM, ITB, dan UI dengan program prestatif anak negeri.

"Tahun ini sudah ada dua mahasiswa yang mengikuti program ini yakni di UGM dengan jurusan Farmasi dan di ITB dengan jurusan Teknik Elektro. Setiap bulannya kami memberikan bantuan pendidikan sebesar Rp1.500.000 untuk biaya hidup dengan syarat IPK minimal 3," katanya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan beasiswa kepada atlet berperestasi dengan nilai sesuai tingkat pendidikan.

"Untuk atlet berprestasi kita bekerja sama dengan Forum Komunikasi Karyawan Semen Padang dalam penyeleksian, beasiswa diberikan berdasarkan prestasi yang diraih dengan besaran sesuai dengan tingkat pendidikannya," katanya.

Sementara itu salah seorang penerima Ridwan yang merupakan siswa SMP N 10 Padang mengatakan beasiswa yang diterima ini merupakan kali kedua .

"Saya bersyukur menerima bantuan pendidikan ini. Bantuan ini akan saya gunakan untuk membeli perlengkapan sekolah untuk semester depan," katanya.

Hadir dalam acara penyerahan penasihat direksi Kamaruzzaman, Kepala Biro CSR Semen Padang Muhammad Ikrar, Ketua Umum Yayasan Igasar Desramon, Direktur Classy Corp Romi Abdillah, perwakilan PT Yasiga Sarana Utama, perwakilan dari PT Igasar, UPZ Semen Padang, perwakilan Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Camat Lubuk Kilangan, Camat Pauh, ketua forum Lubuk Kilangan dan Pauh. (*)