Padang Panjang beri pelatihan THL untuk tingkatkan kinerja

id Pelatihan Cleaning Service,Pelatihan Tenaga Harian Lepas

Padang Panjang beri pelatihan THL untuk tingkatkan kinerja

Seorang karyawan mempraktikkan cara membersihkan wastafel dalam pelatihan bagi tenaga harian lepas di Padang Panjang. (Antara Sumbar/ Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, memberikan pelatihan bagi tenaga harian lepas (THL) dan cleaning service (CS) untuk meningkatkan kinerja para pegawai tersebut.

Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran di Padang Panjang, Senin, mengatakan cleaning service memiliki peran penting dalam menjaga semangat pegawai karena tugasnya menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.

"CS punya tanggungjawab mengatur, menata, menjaga kebersihan dan kenyamanan dan memperbaiki jika ada dekorasi ruang yang rusak. Pekerjaan CS bisa membuat pegawai nyaman dengan ruang dan lingkungan kerja," katanya.

Menurutnya karena manfaat yang diberikan tersebut, petugas kebersihan diharapkan tidak minder dengan pekerjaannya melainkan mencintai pekerjaan tersebut.

Sebagai motivasi bagi petugas kebersihan agar berkinerja baik, Fadly mengatakan setiap bulan akan diberikan penghargaan bagi karyawan terbaik dan penghargaan di akhir tahun berupa kunjungan kerja.

Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Padang Panjang Hendra Putra menambahkan pelatihan yang diberikan berisi informasi mengenai pola kerja cepat yang tidak membuang-buang waktu.

"Contohnya bagaimana cara meracik dan menggunakan cairan pembersih, prosedur penggunaan mesin, teknik membersihkan bagian tertentu yang kotor dengan cepat dan lainnya," katanya.

Pihaknya berharap pelatihan itu dapat meningkatkan semangat dan kinerja CS untuk mendukung kemajuan kota karena tanpa ada pekerja yang bertugas menciptakan suasana kerja bersih dan nyaman, pegawai di instansi yang ada di daerah itu tidak akan nyaman bekerja. (*)