Porprov menyisakan duka bagi masyarakat olahraga Pasaman

id Porprov

Porprov menyisakan duka bagi masyarakat olahraga Pasaman

Kondisi beberapa saat setelah air bah melanda lapangan sepak bola Gelora Puabu di Nagari Sicincin, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, Padang Pariaman Selasa sore. (ANTARA SUMBAR / istimewa) (ANTARA SUMBAR / istimewa/)

Lubuksikaping (Antaranews Sumbar) - Pelaksanaan Pekan Olahraga Propinsi (Porprov) ke-XV tingkat Sumatera Barat di Padang Pariaman, menyisakan duka mendalam bagi masyarakat, khususnya para pecinta olahraga di Kabupaten Pasaman.

Pasalnya, peringkat Kabupaten Pasaman pada klasemen akhir daftar perolehan medali berada diperingkat 17 dari 19 kabupaten/kota peserta Porprov. Kontingen Pasaman hanya meraih 13 medali emas, 17 medali perak dan 22 medali perunggu dari 27 cabor yang diikuti.

Capaian pada Porprov kali ini, jauh menurun dari pelaksanaan Porprov 2016 lalu di Kota Padang. Saat itu, Kabupaten Pasaman berhasil finish diperingkat 15 dengan perolehan medali 15 emas, 19 perak dan 29 medali perunggu dengan total keseluruhan 63 medali dari 24 cabor.

Sekretaris KONI Kabupaten Pasaman, Amri mengakui kegagalan tersebut. Menurutnya, minimnya sarana, prasarana serta kurangnya pembinaan atlet dari setiap cabang olahraga menjadi biang kegagalan kontingen Pasaman mencapai target di ajang porprov tersebut.

"Diakui atau tidak, kita ini minim sarana prasarana olahraganya untuk menunjang atlet berlatih, hampir tidak ada. Coba sebutkan, satu persatu jika ada," ucap Amri.

Selain itu, kata dia, pembinaan atlet yang terkesan "sporadis" oleh setiap pengurus cabang olahraga adalah satu dari sekian biang kegagalan tersebut.

"Diakui, atlet kita ini jam terbangnya kurang. Setiap cabor jarang mengikuti kejurda, apalagi untuk menggelarnya sendiri," katanya.

Minimnya perhatian dari pemerintah daerah termasuk DPRD setempat, kata dia, juga menjadi penyebab melorotnya peringkat kontingen Pasaman hingga berada diperingkat tiga terbawah.

"Untuk meraih sebuah prestasi dan melahirkan atlet berprestasi perhatian dari pemangku kepentingan itu sangat dibutuhkan. Ini kan nggak," ucap Amri.

Selanjutnya, kata Amri, dari 36 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Porprov tahun ini, kontingen Kabupaten Pasaman hanya ikut serta pada 27 cabor. Padahal, sembilan cabor yang tidak diikuti tersebut memiliki peluang emas terbanyak.

"Kita hanya ikuti 27 cabor saja, dengan jumlah atlet yang diturunkan sebanyak 292 atlet. Sembilan cabor tidak diikuti, yakni kempo, renang, wushu, balap sepeda, muathai, aero sport, panahan, bilyard dan kriket," katanya. *