Kota Solok siap jadi tuan rumah Porprov Sumbar yang ke XVI tahun 2025

id Kota Solok, siap jadi, tuan rumah, Porprov Sumbar, yang ke XVI, tahun 2025

Kota Solok siap jadi tuan rumah Porprov Sumbar yang ke XVI tahun 2025

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar saat memberikan kata sambutan (ANTARA/HO-Prokomp Solok)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat, telah melakukan persiapan untuk menjadi tuan rumah dalam pekan olahraga provinsi (Porprov) Sumbar yang ke XVI pada tahun 2025 nanti.

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar di Solok, Jumat, mengapresiasi atas terpilihnya Kota Solok sebagai tuan rumah pelaksanaan Porprov ke XVI tahun 2025. Tentu Pemkot Solok akan melakukan persiapan semaksimal mungkin.

"Bersama kita upayakan untuk menjadikan Porprov termegah sepanjang masa," ujar dia.

Ia menyebutkan kegiatan Porprov ke XVI tersebut direncanakan akan digelar pada bulan September 2025 mendatang yang bertepatan dengan hari olahraga nasional.

"Sesuai dengan SK Gubernur Sumbar, Kota Solok, siap sebagai tuan rumah. Kita persiapkan venue yang bagus dan layak untuk porprov. Intinya Kota Solok siap melaksanakan Porprov XVI tahun 2025," kata Wako.

Ia juga mengatakan bahwa Kota Solok yang sejak berdiri sampai saat ini, belum pernah sekalipun menjadi tuan rumah pesta olahraga yang digelar se-Sumatera Barat.

Selain itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumbar Maifrizon mengatakan pihaknya akan intens melakukan koordinasi dengan Dispora dan Koni Kota Solok karena sinergi harus dibangun sebaik mungkin sehingga saat pelaksanaan kegiatan tidak ditemukan kendala yang berarti.

"Insya Allah dalam pekan depan kita akan bersama melakukan survei sarana dan prasarana kemudian selanjutnya rapat bersama Bappeda, KONI dan Dispora terkait anggaran," ujarnya.

Pihaknya juga mengingatkan agar melakukan pengetatan untuk efisiensi anggaran.

"Kita juga sepakat harus bergandeng tangan bersama, uang rakyat harus kita efektifkan dan efisienkan penggunaannya," ucap Maifrizon.

Sementara itu, Ketua KONI Sumatera Barat Ronny Pahlawan menyebutkan semangat dan kesungguhan Wali Kota Solok sangat diapresiasi.

KONI Sumbar akan melakukan Rakerprov untuk memutuskan cabang-cabang apa saja yang dilombakan di Porprov dan direncanakan Rakerprov akan dilaksanakan langsung di Kota Solok.

"Terima kasih Pak Wako, semoga semangat ini menjadi semangat kita bersama menyukseskan Porprov XVI Sumbar Tahun 2025 nanti," ucapnya.*