Tak banyak yang tahu, ternyata Bung Hatta punya 800 karya tulis selama hidupnya

id Bung Hatta

Tak banyak yang tahu, ternyata Bung Hatta punya 800 karya tulis selama hidupnya

Bung Hatta. (cc)

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Salah satu bapak bangsa Indonesia Mohammad Hatta atau yang sering disapa Bung Hatta punya 800 karya tulis dalam berbagai bentuk seperti artikel, ceramah, pidato, esei, makalah dan lainnya.

"Hatta adalah ilmuwan dan intelektual Indonesia yang produktif menulis. Dia menulis dari usianya 16 (1918) tahun hingga usia 77 (1979) tahun," kata Ismid Hadad dari Perhimpunan Indonesia untuk Pembinaan Pengetahuan Ekonomi dan Sosial (Bineksos) di Jakarta, Selasa.

Selama masa itu, Hatta telah melahirkan 800 karya tulis dalam berbagai bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Belanda, Inggris dan sedikit Bahasa Prancis.

Dia mengatakan tulisan Hatta memuat berbagai gagasan dan pemikiran mendalam dari berbagai ilmu pengetahuan, tidak hanya tentang ekonomi dan keuangan, tetapi juga filsafat dan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan agama serta politik dan kenegaraan.

Beberapa tulisan Hatta merupakan produk perjuangan sebelum Indonesia merdeka, baik saat dia di luar negeri ataupun di dalam pengasingan.

Karya-karya Bung Hatta tersebut kini dihimpun kembali dan diterbitkan dalam 10 jilid dalam buku Karya Lengkap Bung Hatta (KLBH).

Anak dari sang proklamator, Meutia Hatta mengatakan karya Bung Hatta yang momental adalah "Ke Arah Indonesia Merdel" pada 1932.

Dalam karya tersebut dia menuangkan gagasannya mengenai kebangsaan, menurut dia, perjuangan kemerdekaan merupakan prasyarat bagi persamaan dan persaudaraan.

Dia menyebutkan dalam konsep kebangsaan, rakyat adalah pemegang kendali negara. (*)