RAPI Solok Selatan bantu alat komunikasi Pokdarwis Goa Batu Kapal

id Goa batu kapal

Ketua RAPI Solok Selatan, Irwan Afriadi menyerahkan bantuan perangkat radio komunikasi HT kepada Pokdarwis Goa Batu Kapal untuk mempermudah komunikasi dan pemantauan pengunjung di lokasi wisata itu, Minggu (11/11). (ist)

Kalau ada masalah bisa dengan cepat menyampaikan informasi sehingga bantuan juga segera datang
Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Solok Selatan, Sumatera Barat, membantu alat komunikasi kelompok sadar wisata (Pokdarwis) objek wisata Goa Batu Kapal (GBK) beruga tiga unit Handy Talky (HT) untuk mendukung pariwisata daerah itu.

"Kami juga mengadakan pelatihan pemakaian perangkat kepada Pokdarwis goa batu kapal supaya bantuan ini bermanfaat, dan bisa mereka gunakan sebaik-baiknya," kata ketua RAPI Solok Selatan, Irwan Afriadi di Padang Aro, Senin.

Bantuan tersebut katanya, diantarkan langsung oleh pihaknya ke lokasi goa batu kapal dan anggota RAPI langsung mencontohkan bagaimana penggunaannya.

HT ini bisa membantu Pokdarwis goa batu kapal berkomunikasi dan berkoordinasi dengan mudah sehingga bisa menunjang pariwisata.

Penggiat wisata Sumbar, Yulnofrins Napilus mengatakan keberadaan HT di lokasi wisata bisa mempermudah kerja Pokdarwis.

"Kalau ada masalah bisa dengan cepat menyampaikan informasi sehingga bantuan juga segera datang," katanya.

Menurut dia yang paling utama bantuan beberapa unit HT itu bisa digunakan oleh para pemandu di goa batu kapal untuk memonitor dan mengarahkan pengunjung dengan baik.

"Ada titik tertentu yang harus dimonitor dan butuh pengarahan dari pemandu dan melalui koordinasi yang bagus maka itu bisa terlaksana dengan baik," ujarnya.

RAPI juga membantu komunikasi pendakian Gunung Kerinci melalui jalur Solok Selatan, agar keberadaan wisatawan yang mendaki bisa dipantau supaya tidak tersesat.

"Dukungan RAPI ditujukan untuk membantu wisatawan yang melakukan pendakian Gunung Kerinci agar keberadaan mereka terus terpantau, dan jika ada yang sakit atau mendapat musibah bisa cepat diantisipasi dan kirim bantuan," katanya.

Sebelumnya Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria berharap organisasi RAPI membantu mempromosikan objek wisata di daerah itu agar lebih dikenal lagi sehingga banyak kunjungan wisatawan dan berimbas pada perekonomian masyarakat.

"Kemajuan daerah dilihat dari kepandaian pemerintah berkomunikasi dan RAPI merupakan salah satu wadah komunikasi sehingga diharapkan membantu mempromosikan daerah terutama sektor pariwisata," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar