Gliter SMAN 1 Pariaman tingkatkan kreatifitas siswa

id Gliter

Gliter SMAN 1 Pariaman tingkatkan kreatifitas siswa

Anak didik di SMAN 1 Pariaman sedang mengerjakan majalah dinding pada kegiatan Gliter Stupa. (Antara Sumbar/Muhammad Zulfikar) (.)

Pariaman, (Antaranews) - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pariaman Sumatera Barat (Sumbar), mengadakan Gemilang literasi religi (Gliter) untuk meningkatkan kreatifitas para siswa dan siswi di daerah itu.

"Kegiatan ini merupakan wujud dari pengembangan literasi sekolah sebagai salah satu program unggulan yaitu Gerakan Literasi Sekolah," kata Kepala SMA N 1 Pariaman, Jaslidar di Pariaman, Minggu.

Beberapa kegiatan yang diadakan diantaranya lomba mading tiga dimensi, lomba tahfiz, lomba cerdas cermat, pentas seni, lomba cipta baca puisi dan lain sebagainya," kata dia.

Kegiatan Gliter SMAN 1 Pariaman tersebut ujar dia, diikuti oleh beberapa sekolah di provinsi setempat seperti dari Kota Padang Panjang, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Sijunjung, Kota Padang dan Kota Pariaman sebagai tuan rumah.

"Pada 2018 pertama kalinya kami menggabungkan beberapa kegiatan serta melibatkan beberapa SMP dan SMA sederajat tingkat Provinsi Sumbar," ujar dia.

Selain fokus kepada ilmu pengetahuan yang diperoleh dari proses belajar mengajar, para peserta didik dinilai juga harus memiliki kemampuan lain seperti seni dan lain sebagainya, ujar dia.

Sementara itu Binjai Caniago salah seorang guru pengampu jurnalistik di SMAN 1 Pariaman, mengatakan para anak didik di sekolah tersebut telah dibekali berbagai materi jurnalistik sejak tiga tahun terakhir.

Setelah dibekali ilmu pengetahuan tentang jurnalistik, para anak didik setiap tahunnya kata dia, diasah kemampuan melalui lomba majalah dinding, menulis artikel dan sejumlah karya tulis lainnya.

"Tujuan dan sasaran utama bukan menciptakan para juara lomba, namun lebih kepada mengajari serta membiasakan anak didik untuk menulis dan membaca," katanya. (*)