Tanah Datar beri penghargaan umrah bagi hafizh berprestasi

id Hafizh, al quran, umrah, tanah datar

Tanah Datar beri penghargaan umrah bagi hafizh berprestasi

Waqaf 1.000 Hafizh Kabupaten Tanah9 Datar.

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak tujuh orang hafizh asal Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mendapatkan penghargaan berangkat umrah ke Tanah Suci dalam program 1000 hafizh.

Kepala Bagian Kesra Kabupaten Tanah Datar, Afrizon di Batusangkar, Minggu, mengatakan para penghafal Al Quran tersebut sebelumnya telah melewati seleksi dari peserta lebih kurang 1.900 orang.

"Program 1.000 hafizh kali ini merupakan pelaksanaan untuk tahun yang ketiga yang di dalamnya melibatkan beberapa orang donatur," katanya.

Ia menyebutkan, selain penghargaan untuk berangkat umrah, tiga hafizh terbaik lainnya juga mendapatkan penghargaan untuk berkunjung ke luar negeri.

Ketujuh hafizh tersebut adalah Miftahurrahmah yang memiliki hafalan sebanyak 20 juz, M Aidil Satri 20 juz, Abdullah Afdhal 15 juz, Aldo Valentino 10 juz, Daffa Hadaya 5 juz, Yusmaniar 3 juz dan ditambah Norva Yuliani sebagai guru LPA tahfizh terbaik.

Sementara tiga pelajar yang mendapat penghargaan berkunjung ke luar negeri adalah Husnul Fuadi, Afifatul Zahrah dan Irfan Firdaus. Ketiganya dijadwalkan akan berangkat pada tanggal 30 hingga 4 Oktober 2018.

Ia menambahkan, pemberangkatan umrah bagi enam orang hafizh terbaik dijadwalkan pada tanggal 22 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019, dan satu orang lain menyusul setelahnya.

Menurut dia, dengan adanya penghargaan bagi para hafizh ini diharapkan dapat memacu semangat masyarakat, terutama generasi muda untuk giat menghafal Al Quran.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat melahirkan anak-anak yang cerdas dan beriman," ujarnya.

Sebelumnya Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi mengatakan di daerah tersebut terdapat sebanyak 146 Rumah Tahfizh yang tersebar di 14 kecamatan yang ada.

Selain itu juga terdapat sebanyak 2.127 guru Taman Pendidikan Al Quran (TPA) yang masing-masingnya diwajibkan membina tiga orang anak untuk menghafal Al Quran.