P3B kumpulkan donasi memasak rendang untuk korban gempa Palu

id Gempa Palu,Bantuan Rendang,Padang Panjang Peduli Bencana

P3B kumpulkan donasi memasak rendang untuk korban gempa Palu

Petugas mengumpulkan bantuan paket rendang di posko bantuan bencana gempa dan tsunami Palu dan Donggala, di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat, di Padang, Senin (1/10). BPBD Sumbar mengumpulkan 700 kilogram rendang untuk dikirimkan ke lokasi bencana di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. ANTARA SUMBAR/Iggoy el Fitra/Maril/18

Padang Panjang, (Antaranews Sumbar) - Padang Panjang Peduli Bencana (P3B), Sumatera Barat, mengumpulkan donasi untuk memasak rendang yang akan dikirimkan kepada korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

"Ini sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Kami berharap sumbangan yang terkumpul mencukupi untuk dimasak menjadi satu ton rendang," kata Ketua P3B, Syamsudarman di Padang Panjang, Kamis.

Bagi warga yang ingin ikut membantu, donasi dapat disalurkan melalui rekening BRI 5459-01-019886-53-6 atas nama Padang Panjang Peduli Bencana.

Selain itu, penggalangan bantuan juga dilakukan dengan mengumpulkan sumbangan dari para pengendara kendaraan bermotor di jalanan.

Ia menerangkan P3B baru dibentuk pada 1 Oktober 2018 dengan tujuan kemanusiaan membantu masyarakat yang menjadi korban bencana.

Di dalam P3B terdapat sejumlah organisasi yang ada di Padang Panjang seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Palang Merah Indonesia (PMI), Pemuda Pancasila, komunitas seniman, komunitas sepeda motor dan lainnya.

"Awalnya sejumlah organisasi dan komunitas itu sudah lakukan penggalangan dana. Dengan dibentuknya P3B, dana yang terkumpul akan disatukan melalui P3B," katanya.

Di samping itu, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat mengenai rencana penggalangan dana tersebut. Bantuan nantinya dikirimkan atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Padang Panjang.

Ia menyebutkan lama pengumpulan bantuan akan mengikuti masa tanggap darurat yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Jika mengikuti masa tanggap darurat yang ditetapkan, kami berencana akan mulai memasak rendang pada 15 oktober 2018. Bagi masyarakat silakan ikut menyumbang bantuan untuk meringankan beban para korban bencana di Palu dan Donggala," ujarnya. (*)

Baca juga: Hampir seton rendang siap dikirim ke Palu

Baca juga: Selain rendang, Sumbar juga kirim tenaga medis ke Palu

Baca juga: Sumbar siapkan rendang bantu korban gempa Sulteng