Program padat karya diharapkan tingkatkan perekonomian masyarakat

id Padat karya, jalan, pembangunan, tanah datar

Program padat karya diharapkan tingkatkan perekonomian masyarakat

Ilustrasi. Presiden Joko Widodo mengunjungi pembangunan jalan program padat karya tunai di Kampung Kokoda, Distrik Sorong Manoi, Sorong, Papua Barat. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/18)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, mengharapkan agar pelaksanaan program padat karya yang ada di daerah tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Staf Ahli Bupati Tanah Datar, Nuryeddisman di Batusangkar, Selasa, mengatakan program padat karya yang ada di daerah tersebut adalah pembukaan jalan pada beberapa titik.

"Pembukaan jalan padat karya merupakan program yang dikucurkan oleh pemerintah guna memudahkan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian,” katanya.

Ia menyebutkan, pembukaan jalan merupakan sarana yang vital dan harus dilakukan sebagai wujud kepedulian dari pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut dia, dengan dibukanya jalan pada beberapa lokasi diharapkan mampu mengurangi biaya warga dalam membawa hasil pertanian, terutama saat harga hasil pertanian dibeli dengan harga murah kepada para petani.

"Ke depannya diharapkan agar masyarakat dapat memanfaatkan secara maksimal jalan yang akan dibangun tersebut,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Tanah Datar, Khairul mengatakan di daerah tersebut terdapat beberapa titik yang menjadi lokasi pembangunan jalan dari program padat karya.

Salah satu lokasi yang menjadi tempat pembangunan jalan tersebut adalah di Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo dengan menelan anggaran sebesar Rp155 juta yang berasal dari Dana Kementrian Tenaga Kerja dan dukungan Komisi IX DPR RI.

“Selain di Nagari Pangian, program padat karya juga dilakukan di beberapa nagari lain, seperti Nagari Pagaruyung, Batu Taba dan Padang Magek “kata dia.

Selain untuk membuka jalan baru, menurutnya program padat karya ini juga dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat, sebab seluruh pengerjaaan dilakukan langsung oleh masyarakat dengan upah yang telah ditentukan (*)