Ketum Kowani calonkan diri jadi wakil ketua ICW

id Giwo Rubianto Wiyogo

Ketum Kowani calonkan diri jadi wakil ketua ICW

Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Giwo Rubianto Wiyogo. (cc)

Yogyakarta, (Antaranews Sumbar) - Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto Wiyogo mencalonkan diri sebagai wakil ketua Dewan Perempuan Internasional (International Council of Women/ICW).

Pencalonan itu dilakukan dalam pemilihan yang diselenggarakan di sela-sela Sidang Umum ke-35 ICW di Yogyakarta, Sabtu.

Dalam pidatonya di depan Presiden, jajaran direksi, serta seluruh anggota ICW, Giwo mengatakan bahwa sejak kecil, ia memiliki keinginan untuk mewujudkan kesejahteraan yang adil dan merata bagi perempuan.

"Saya yakin kita semua memiliki mimpi yang sama, dan saya mendedikasikan hidup saya untuk terus mengupayakan pencapaian kesejahteraan bagi kaum perempuan, tanpa memperdulikan perbedaan yang ada di antara kita," katanya.

Ia mengatakan bahwa ICW telah membuka ruang bagi perempuan dari seluruh dunia untuk saling bertukar informasi mengenai isu-isu yang dihadapi masing-masing negara, serta solusi dan ide yang dapat diterapkan.

Dengan demikian, kaum perempuan dapat terus bahu membahu dan saling membantu satu sama lain untuk mencapai kesejahteraan yang adil dan merata di seluruh penjuru dunia.

"Saya sangat percaya akan nilai-nilai yang dijunjung oleh ICW dan saya ingin mendedikasikan waktu, sumber daya, serta energi saya untuk terus memperjuangkan gerakan ini," ungkapnya.

Ia mengakhiri pidatonya dengan mengutip mantan pimpinan Perserikatan Bangsa-Bangsa Koffi Annan.

"Tidak ada cara yang lebih efektif untuk pembangunan, selain pemberdayaan perempuan," serunya.

Para anggota ICW akan memilih 5 Vice President baru dari 7 kandidat yang telah mengajukan diri dan memberikan pidatonya.

Apabila terpilih sebagai salah satu wakil ketua, Giwo juga akan otomatis menjadi anggota dewan direksi atau 'Board of Directors' ICW selama satu periode atau 3 tahun ke depan.

ICW adalah perkumpulan tokoh perempuan dunia yang berafiliasi ke Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Sidang ke-35 ICW diselenggarakan oleh ICW, Kowani, dan didukung penuh oleh Kementerian BUMN dan 35 BUMN, termasuk Perum LKBN Antara, yang berpartisipasi langsung menyukseskan pertemuan tersebut. (*)