Dharmasraya tingkatkan kompetensi petugas BBI, kirim magang ke BBAT Jambi

id Balai Bibit Ikan Dharmasraya

Kepala Bidang Perikanan Budi Waluyo. (ANTARA SUMBAR/Ilka Saputra)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak enam petugas Balai Benih Ikan (BBI) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, magang ke Balai Budidaya Air Tawar (BBAT) Jambi untuk mendalami ilmu pembibitan ikan.

"Petugas akan magang selama enam hari ke depan," kata Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Dharmasraya, Welfiadril melalui Kabid Perikanan Budi Waluyo di Pulau Punjung, Rabu.

Ia mengatakan pendalaman keterampilan pembenihan dibutuhkan untuk meningkatkan produksi benih ikan sekaligus menunjang pendapatan asli daerah (PAD) BBI Dharmasraya.

Selama mengikuti magang petugas mendalami teknik perawatan induk ikan, pemijatan ikan, perawatan larva, teknik pendederan, pengendalian hama dan penyakit, teknik pakan, dan teknik angkutan benih.

"Petugas ini sebelumnya sudah punya keterampilan tersebut, namun teknologi selalu berkembang, jadi ini upaya terus mendalami teknologi terbaru," ujarnya.

Menurutnya petugas budidaya ikan memiliki tanggungjawab dalam memberi layanan kebutuhan bibit ikan berkualitas kepada para pelaku usaha.

Selain itu, lanjut dia, petugas BBI juga berperan mendatangkan PAD untuk menunjang pembangunan daerah, sehingga untuk memenuhi target tersebut petugas harus dibenahi.

Lebih jauh tujuan magang diharapkan menjadi bagian dari investasi pengembangan sumberdaya manusia yang lebih baik dimasa akan datang, lanjut dia.

"Dengan petugas yang terampil, maka produksi benih ikan meningkat dan pendapatan dapat tercapai," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar