UNP jajal kerja sama dengan Islamic University Madinah

id UNP,Islamic University Madinah

UNP jajal kerja sama dengan Islamic University Madinah

Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri padang, Sumatera Barat Prof Syafri Anwar (lima dari kana) beserta jajaran berdiskusi dengan Prof Khalid Muhammad Al-Tsubaity dari Islamic University Al Madinah Al Munawarah Saudi Arabia di ruang Dekan FIS UNP, Kota Padang Sumbar, Senin (13/8). (Antara Sumbar/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat menjajal kerja sama dengan Islamic University Al Madinah Al Munawarah Saudi Arabia dalam rangka pertukaran kurikulum bidang pendidikan agama islam di Fakultas Ilmu Sosial UNP.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNP Prof Syafri Anwar di Padang, Senin mengatakan penjajakan ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan akreditasi program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi akreditasi internasional.

Dalam tahap awal pihaknya masih berkonsultasi dengan Prof Khalid Muhammad Al-Tsubaity terkait rencana kerja sama tersebut. Menurut dia pembangunan kerja sama ini tentu memiliki proses sehingga dalam perjalanannya membutuhkan waktu dan kesepakatan bersama.

"Hal itu yang coba kita bangun, Prof Khalid ini yang akan menjembatani kita dengan Islamic University Al-madinah Al-Munawarah," katanya.

Ia mengatakan banyak kerja sama nantinya yang dapat dilakukan mulai dari pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, penelitian bersama dan persamaan kurilkulum di dua univeristas tersebut.

Menurut dia hal ini merupakan langkah besar bagi Prodi Pendidikan Agama Islam UNP yang baru berdiri dua tahun, perekembangannya begitu pesat dan mampu membuka jaringan hingga ke luar negeri.

"Kita sebagai pimpinan fakultas tentu memfasilitasi dan mendukung langkah inovatif yang dilakukan untuk mewujudkan program Rektor UNP menjadikan universitas ini memilik standar internasional," katanya.

Dirinya juga mengapresiasi langklah rektor yang menargetkan UNP menjadi kampus kelas internasional salah satu caranya adalah meningkatkan akreditasi program studi internasional.

Saat ini Fakultas Ilmu Sosial UNP memiliki satu program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang telah memiliki akreditasi internasional. Selanjutnya pihaknya akan mendorong PAI ini menjadi program studi internasional.

"Selain itu kami juga akan menggelar konferensi internasional dalam beberapa bulan mendatang, rencananya ada dua bidang yakni bidang ilmu sosial dan bidang pendidikan agama islam," katanya. (*)