Pemko Padang Panjang laksanakan sholat Idul Adha di masjid Islamic Center

id masjid Islamic Center,Berita padang panjang,Berita sumbar

Pemko Padang Panjang laksanakan sholat Idul Adha di masjid Islamic Center

Dipadati jemaah, sholat Id di Islamic Center meluber hingga ke tangga masjid.

Padang Panjang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, bersama masyarakat, hari ini melaksanakan sholat Idul Adha 1444 Hijriyah di masjid Islamic Center, Kamis (29/9), sholat Id juga di gelar di beberapa masjid lainnya di kota itu.

Banyaknya masyarakat yang melaksanakan sholat hari ini, sehingga sebagian jemaah melaksanakan sholat Id di halaman dan tangga masuk Islamic Center. Bertindak sebagai Imam, Ustaz Esa Ahmadi, SIQ, S.Pd.I dengan Khatib, Ustaz H. Yendri Junaidi, Lc, M.A. Wali Kota, Fadly Amran, tampak hadir bersama, Wakil Wali Kota, Drs. Asrul, Ketua DPRD, Mardiansyah, A.Md, Sekdako Sonny Budaya Putra A.P, M.Si, Kapolres, AKBP Donny Bramanto, S.I.K, unsur Forkopimda, dan pejabat lainnya.

Walikota Padang Panjang, Fadly Amran menyebutkan pertumbuhan ekonomi Kota Padang Panjang, mencapai 4,39%. Angka ini lebih tinggi dari Provinsi Sumatera Barat. Tingkat kemiskinan juga turun menjadi 5,14%.

"Ketimpangan ekonomi, semakin rendah, ditunjukkan dengan Indeks Ratio 0,296. Angka pengangguran dapat ditekan menjadi 4,84%. Kesejahteraan penduduk meningkat, dibuktikan dengan PDRB per kapita yang mencapai Rp70.640.000 per tahun. Ini tertinggi ketiga di Sumbar," ungkap Fadly.

Di momentum Hari Raya Idul adha atau yang sering disebut sebagai Hari Raya Kurban, menurut Fadly, sesungguhnya mengandung makna sosial, keikhlasan, kerelaan berkorban. Dengan demikian, kurban merupakan manifestasi dari keimanan, kecintaan dan kasih sayang seorang manusia terhadap manusia lainnya.

“Kepada segenap warga Kota Padang Panjang kami mengimbau, marilah kita jadikan ibadah kurban untuk meningkatkan jiwa sosial, saling berbagi dan saling memberi di antara kita. Sekaligus untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT,” ujarnya.

Fadly, menjelaskan untuk pelaksanaan ibadah kurban tahun ini, sebanyak 625 ekor hewan kurban disembelih pada Idul adha ini. Jumlah ini meningkat dari Idul adha tahun lalu yang hanya 557 ekor.

"Meningkatnya jumlah hewan kurban tahun ini menunjukkan bahwa kemampuan dan kemauan berkurban masyarakat Kota Padang Panjang meningkat dibandingkan tahun lalu,” kata dia.

Sementara itu, untuk jumlah jemaah haji Kota Padang Panjang tahun 2023 juga meningkat tajam, yaitu sebanyak 118 orang, naik dibandingkan 2022 yang hanya 37 orang.

Usai mengikuti sholat Id, Wako Fadly Amran, ikut berpartisipasi melaksanakan kurban di empat masjid di Kota Padang Panjang. Di antaranya Masjid Hidayah Guguk Malintang, dan Masjid Nurul Hidayah Koto Panjang.