UNP anggarkan Rp40 miliar untuk riset

id Ganefri

Rektor UNP Prof Ganefri. (cc) (cc/)

Padang (Antaranews Sumbar) - Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat menganggarkan senilaimRp40 miliar khusus untuk pendanaan riset.

Rektor UNP Prof Ganefri mengatakan jumlah itu khusus diberikan oleh UNP kepada para dosen untuk meingkatkan kompetensi dan ilmu pengetahuan yang mereka miliki.

"Jumlah itu di luarprogram lain seperti dari Kemenristekdikti dan lainnya," kata dia baru-baru ini.

Ia mengatakan para dosen UNP dituntut untuk melakukan riset setiap tahunnya, bagi dosen yang tidak melakukan riset pihaknya akan melakukan evaluasi

Dirinya mengatakan dana Rp40 miliar itu berasal dari 20 persen dari anggaran UNP. Jumlah yang disediakan jelas lebih banyak dari tahun 2017 yakni sekitar Rp3 miliar.

Menurut dia tujuan dari anggaran yang besar untuk riset ini agar dosen UNP termotivasi untuk melakukan riset.

"Dosen yang tidak melakukan riset, patut dipertanyakan, apakah memang dosen atau tidak,” katanya.

Ganefri menyampaikan tugas perguruan tinggiadalah melaksanakan tri darma perguruan tinggi dan salah satunya dengan mengembangkan ilmu pengetahuan.

Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan itu melalui riset. Tentunya untuk mendapatkan riset yang bagus membutuhkan biaya yang besar.

Riset ini akan dipublikasikan ke masyarakat luas sehingga berdampak pada pengembangan ilmu pengetahuan.

Dengan banyaknya penelitian riset oleh dosen, bisa meningkatkan kualitas UNP secara lembaga. Salah satu melihat kualitas perguruan tinggi adalah jumlah riset tersebut.

”Kita akan bangun budaya riset ini pada dosen,” katanya.*
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar