UNP persiapkan lulusan terserap dunia usaha dan industri

id UNP,Prof Ganefri,Berita sumbar,Berita padang

UNP persiapkan lulusan terserap dunia usaha dan industri

Rektor UNP Prof Ganefri (Antara/ Mario SN)

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat terus mempersiapkan lulusan kampus tersebut agar dapat terserap dunia usaha dan dunia industri baik yang ada di tingkat nasional maupun internasional.

Rektor UNP Prof Ganefri saat Wisuda ke-129 di Padang, Minggu mengatakan transfromasi pendidikan tinggi bertujuan menghasilkan lulusan berdaya saing global sesuai dengan perkembangan teknologi dan peradaban yang merupakan manifestasi dunia kerja sesuai dengan kemampuan dan keterampilan.

"Pada wisuda kali ini ada 1.984 lulusan yang menyelesaikan pendidikan mereka baik sebagai sarjana, magister dan doktor," katanya

Menurut dia Universitas Negeri Padang melakukan revitalisasi kurikulum yang berlandaskan keterampilan, kompetensi yang harus dimiliki calon lulusan.

Ia mengatakan universitas perlu menjamin kualitas lulusan melalui capaian segitiga mutu yakni universitas perlu menetapkan standar penerimaan yang bertujuan menjaga kualitas input dengan mahasiswa berkaliber dan berkualitas tinggi.

Kedua menyediakan kurikulim yang mampu memberi ruang refleksi dan pengembangan sesuai perkembangan teknologi dan sains.Ketiga menerapkan skema hasil pembelajaran dalam bentuk pengalaman lapangan yang mampu meningkatkan nilai pendidikan agar siap memasuki dunia kerja.

"Saat ini ada progam Kampus Merdeka yang diiniasi Mas Menteri Nadiem dan memang ini mempermudah kita menghasilkan mahasiswa yang memiliki kompetensi dan skil di bidangnya masing-masing. Mahasiswa memiliki kesempatan mengenmbangkan potensi mereka selama tiga semester di luar prodi dan ini berjalan dengan baik," kata dia.

Menurut dia ruang ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa menunjukkan skill mereka pada dunia usaha dan industri sehingga jika mereka tamat dari kampus ditarik bekerja di tempat melaksanakan kerja lapangan.

"Pada umumnya anak-anak yang serius magang di insdustri selesai itu mereka ditarik bekerja di sana sehingga program ini membuat lulusan lebih dekat engan dunia usaha dan industri," kata dia.

Pihaknya juga menjalin kerja sama dengan perusahaan di Indonesia salah satunya PT Semen Padnag yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Barat. Menurut dia sebagai perusahaan Semen tertua di Indonesia banyak kontribusi yang telah mereka berikan kepada kampus di Sumatera Barat.

"Kita akan menjalin MOU lagi dengan PT Semen Padang karena yang lama nota kesepahamnnya sudah habis dan akan kita perpanjang lagi," kata dia.