Padang Panjang cari duta wisata dengan pemahaman religi

id Pemilihan Uda Uni Padang Panjang,wisata religi

Padang Panjang cari duta wisata dengan pemahaman religi

Ilustrasi - Pemilihan uda uni duta wisata 2018. (ANTARA SUMBAR/ Dinas Pariwisata Padang Panjang)

Padang Panjang (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, mencari Uda Uni Duta Wisata yang memiliki kriteria pemahaman keagamaan yang baik.

"Sebagai daerah dengan sebutan Serambi Mekkah, kami menyeleksi peserta yang punya pemahaman religi," kata Sekretaris Dinas Pariwisata setempat, Dalius di Padang Panjang, Senin.

Ia menerangkan pemilihan Uda Uni Duta Wisata yang saat ini masih dalam proses seleksi diharapkan melahirkan pemenang dengan kemampuan lebih baik dari pemilihan sebelumnya.

Oleh sebab itu proses seleksi memakan waktu cukup lama yaitu sejak April 2018 hingga penentuan pemenang dijadwalkan pada September 2018 bertepatan dengan acara Festival 1 Muharram.

Selain memiliki pemahaman religi, sesuai tujuannya Uda Uni diharapkan mampu menjadi etalasi pariwisata daerah berjuluk "The Gate of Minangkabau" dan berperan dalam Sapta Pesona.

Kemudian sesuai rencana induk pengembangan pariwisata daerah (ripparda) yang sedang disusun, Padang Panjang diarahkan sebagai Kota Festival atau "The Festival Town" dan duta wisata diharap mampu mengenalkan itu.

"Banyak harapan yang diberikan daerah pada Uda Uni yang terpilih nanti agar berperan meningkatkan kunjungan wisatawan. Proses seleksi yang lama untuk mencari kualitas tersebut," jelasnya.

Duta wisata yang terpilih dalam ajang tersebut selanjutnya akan mewakili Padang Panjang di ajang yang sama di tingkat provinsi. (*)