Ini dia lima even wisata Sumbar yang bisa dinikmati wisatawan sepanjang Agustus 2018

id ivenwisatasumbaragustus

Ini dia lima even wisata Sumbar yang bisa dinikmati wisatawan sepanjang Agustus 2018

Ilustrasi even wisata Sumbar pada Agustus 2018. (Antara Sumbar/Miko Elfisha)

Lima even ini beragam, mulai dari festival yang menawarkan eksotisme pesisir pantai hingga pesona wisata petualangan yang menguras adrenalin
Padang, (Antaranews Sumbar) - Sumatera Barat memiliki lima even wisata menarik yang bisa dinikmati oleh wisatawan sepanjang Agustus 2018, kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata setempat, Didit Santoso.

"Lima even ini beragam, mulai dari festival yang menawarkan eksotisme pesisir pantai hingga pesona wisata petualangan yang menguras adrenalin," katanya di Padang, Jumat.

Ia mengatakan itu terkait upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Sumbar melalui gelaran wisata berbasis budaya dan petualangan.

Lima even itu adalah Dragon Boat atau Festival Perahu Naga yang digelar di banjir kanal Kota Padang 2-6 Agustus 2018. Perlombaan itu diikuti oleh 10 negara di antaranya China, Thailand, dan Singapura. Wisatawan yang datang tidak hanya bisa menikmati perlombaan tetapi juga sajian seni dan budaya khas Padang.

Kemudian Sawahlunto Internasional Songket Carnival (SISCA) yang digelar 24-26 Agustus 2018. Even yang dilatarbelakangi oleh semangat untuk melestarikan Songket Silungkang itu menawarkan festival unik yang menampilkan pagelaran busana berbahan dasar songket.

Lalu ada tiga even yang relatif masih baru, namun tetap menarik yaitu Silokek Adventure pada 22-23 Agustus 2018. Even itu menggabungkan sejumlah kegiatan di antaranya balap sepeda motor, rafting, panjat tebing, dan kano.

Silokek adalah lokasi alami yang sangat indah, dihiasi sungai dan tebing-tebing batu dan lembah di sepanjang Nagari Muaro, Silokek dan Durian Gadang. Di lokasi itu juga terdapat kebun anggrek yang bisa dinikmati oleh wisatawan.

Lalu, Mount Talang Climbing atau wisata yang menawarkan pendakian gunung bagi wisatawan yang hobi petualangan di Kabupaten Solok. Kegiatan itu bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus.

Gunung Talang adalah salah satu gunung api aktif di Sumbar dan menjadi salah satu spot pendakian yang ramai. Biasanya pada 17 Agustus tersebut, ada sejumlah pendaki yang menggelar upacara peringatan hari kemerdekaan di puncak gunung.

Terakhir bagi wisatawan yang mencintai eksotisme laut, ada Mandeh Maritime Festival yang digelar 19-21 Agustus 2018 di Pesisir Selatan. Festival itu menawarkan sejumlah kegiatan yang bisa dinikmati wisatawan yaitu kuliner tradisional, pegelaran seni dan rabab pasisia yaitu musik khas pesisir pantai barat Sumbar, dan kompetisi foto bawah laut.

Wisatawan juga bisa menikmati keindahan perairan wisata dengan mengikuti Mandeh Joy Sailing atau diving yang ditawarkan penyelenggara dan kontes perahu nelayan tradisional.

"Lima even ini sayang untuk dilewatkan," kata Didit.

Ia mengajak wisatawan untuk keindahan dan ramah tamah Minangkabau. (*)