Pendaftaran caleg masih nihil di KPU Kabupaten Solok

id Pendaftaran Caleg,KPU Solok

KPU Kabupaten Solok saat sosialisasi syarat pendaftaran kepada pengurus partai di Kabupaten Solok. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Mayoritas caleg masih menyelesaikan syarat administrasi, terutama surat keterangan kesehatan
Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok, Sumatera Barat, mengatakan sejak dibuka pendaftaran pada 4 Juli 2018, hingga kini belum ada partai politik peserta pemilu yang mendaftarkan calon anggota legislatif (Caleg).

Komisioner KPU Kabupaten Solok, Defil di Koto Baru, mengatakan memang ada sejumlah partai politik (Parpol) yang rencananya melakukan pendaftaran pada pekan pertama namun masih terkendala.

"Mayoritas caleg masih menyelesaikan syarat administrasi, terutama surat keterangan kesehatan," katanya Selasa.

Walaupun demikian, KPU Kabupaten Solok tetap memberikan layanan konsultasi bagi penghubung partai terkait kendala yang dihadapi. Diprediksi, pendaftaran caleg akan ramai beberapa hari jelang masa akhir penutupan pendaftaran.

"Dari pengalaman, biasanya kebanyakan caleg memang sering mendaftar jelang akhir penutupan pendaftaran," ujarnya.

Ia menyebutkan setelah penutupan pendaftaran caleg, dilanjutkan dengan verifikasi kelengkapan administrasi caleg pada 5 hingga 18 Juli 2018.

Lalu penyampaian hasil verifikasi kelengkapan administrasi caleg pada 19 hingga 21 Juli 2018. Perbaikan daftar dan syarat caleg, serta pengajuan caleg pengganti pada 22 hingga 31 Juli 2018.

Tahap selanjutnya, verifikasi terhadap perbaikan daftar dan syarat caleg pada 1 hingga 7 Agustus 2018.

KPU Kabupaten Solok menghimbau partai politik untuk tidak mendaftar terlalu dekat dengan tenggat penutupan yang dijadwalkan ditutup pada 17 Juli 2018.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Solok, Agus Syahdeman mengaku hingga kini, syarat administrasi Caleg dari partainya hampir selesai.

"Masih ada caleg kami yang tengah mengurus administrasi pendaftaran, secara umum sekitar 90 persen sudah siap," ujarnya.

Partai Demokrat dijadwalkan mendaftarkan calegnya pada 14 Juli 2018 sekitar pukul 14.00 WIB. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar