Ikan bilih jadi buah tangan di Danau Singkarak

id Ikan bilih, singkarak, Sumbar

Ikan Bilih (Mystacoleucus Padangensis) yang dijajakan di sepanjang Danau Singkarak, Sumatera Barat. (Antara Sumbar/Syahrul R/18)

Batusangkar, Sumbar 8/7 (Antara) - Ikan Bilih (Mystacoleucus Padangensis) yang merupakan ikan air tawar yang ada di kawasan perairan Danau Singkarak tepatnya di Ombilin Kecamatan Rambatan, Tanah Datar, Sumatera Barat, diminati wisatawan untuk dijadikan sebagai buah tangan.

Salah seorang pedagang ikan bilih goreng di tepian Danau Singkarak, Sinta Junita Anwar di Ombilin, Minggu, mengatakan pada umumnya pembeli adalah wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

"Selain untuk dimakan sendiri, wisatawan sering menjadikan ikan ini sebagai buah tangan ketika berkunjung ke Danau Singkarak," katanya.

Ia menyebutkan, selain ikan bilih beberapa ikan lain yang menjadi ciri khas Danau Singkarak adalah ikan turiak dan ikan asang dengan ukuran lebih besar dari ikan bilih.

Menurut dia, peminat ikan bilih tidak hanya wisatawan lokal yang berasal dari Sumbar, akan tetapi juga dari berbagai daerah di Indonesia, baik dari pulau Sumatera maupun Jawa.

"Pada umumnya wisatawan tersebut sebelumnya sudah mengetahui tentang keberadaan Ikan bilih," ujarnya.

Salah seorang pembeli asal Jambi, Sabri Latif (26) mengatakan Ia sudah sering membeli ikan bilih ketika berkunjung ke Sumbar atau Danau Singkarak.

Menurutnya ikan bilih goreng yang dijajakan di sepanjang Danau Singkarak tersebut memiliki rasa yang khas, sedikit berbeda dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya.

Senada, pembeli lainnya, Rosmah Ali (50) yang berasal dari Pekanbaru menyebutkan ikan bilih sudah cukup dikenal, dan uniknya ikan tersebut hanya ada di Sumbar.

"Karena keunikan dan rasanya yang enak maka saya sengaja menjadikannya sebagai buah tangan dari Danau Singkarak," katanya.
Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar