LKPD 2017 Solok Selatan kembali raih predikat WTP

id WTP Solok Selatan

LKPD 2017 Solok Selatan kembali raih predikat WTP

Bupati Solol Selatan Muzni Zakaria menerima opini WTP dari Kepala BPK RI Perwakilan Sumatera Barat, Pemud Aryo Wibowo di Padang Jumat (25/5). (humas)

Atas nama kepala daerah saya menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak, dan juga OPD yang telah bekerja sama dengan optimal siang malam, sehingga kembali meraih predikat WTP
Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2017 dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumbar.

Penghargaan WTP yang kedua kalinya secara berturut-turut ini diserahkan Kepala BPK RI Perwakilan Sumatera Barat, Pemud Aryo Wibowo dan diterima langsung Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria di Padang, Jumat.

Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria mengatakan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah membantu Pemkab meraih prestasi terbaiknya dalam Opini Laporan Keuangan tahun 2017.

"Atas nama kepala daerah saya menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak, dan juga OPD yang telah bekerja sama dengan optimal siang malam, sehingga kembali meraih predikat WTP," ujarnya.

Terkait beberapa catatan dan penilaian BPK yang masih perlu dibenahi, katanya, akan diperbaiki untuk tahun yang akan datang.

"Ke depan catatan tersebut akan menjadi fokus kita untuk memperbaikinya dan terus berupaya mempertahankan opini WTP," katanya.

Kepala BPK RI Perwakilan Sumbar, Pemud Aryo Wibowo mengatakan, opini yang disampaikan BPK termasuk WTP berasal dari kriteria-kriteri penilaian yakni Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, Efektifitas sistem pengendalian internal, Adanya penerapan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) serta pengungkapan yang cukup.

"Opini yang disampaikan BPK merupakan pernyataan profesional "kewajaran" terhadap laporan keuangan," ujarnya.

Opini WTP katanya bukan jaminan tidak adanya penyimpangan (fraud) yang ditemui atau kemungkinan penyimpangan di kemudian hari.

Turut hadir mendampingi Bupati, Sekdakab Solok Selatan Yulian Efi, Asisten I Bidang Pemerintahan Fidel Efendi, Inspektorat Amdani, Kepala BPKD Irwanesa, Kabag Humas Firdaus Firman, Kabid Akuntasi Yoni Elfis, dan sejumlah pejabat lainnya. (*)