Pemkab Solsel Raih Predikat WTP Dalam Pengelolaan Keuangan

id berita solsel,solok selatan,WTP Solok selatan,berita sumbar

Pemkab Solsel Raih Predikat WTP Dalam Pengelolaan Keuangan

Asisten I Solsel, Fidel Effendi bersama kepala BPKAD saat memgikuti virtual meeting dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang mengumumkan daerah yang mendapatkan penghargaan dari BPK pada Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020. (antarasumbar/HO)

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat sukses meraih capaian terbaik dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian dari kementerian keuangan RI tahun 2019, atas pengelolaan keuangan daerah pada acara Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2020 yang selenggarakan secara virtual, Selasa (22/9/2020).

Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam pidatonya saat membuka acara Rakernas mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang telah komit menjalankan tata kelola keuangan yang baik.

Ia menjelaskan, sebanyak 486 pemerintah daerah meraih opini WTP atas laporan keuangan tahun 2019. Capaian ini katanya, meningkatkan sebanyak 7,9 persen dibandingkan capaian di tahun 2018.

"34 Pemerintah Provinsi, 87 Pemerintah Kota, dan 365 pemerintah kabupaten yang menerima opini WTP tahun 2019, alhamdulillah meningkat 7,9 persen dibandingkan pada tahun 2018," ungkapnya.

Ia sangat menghargai pemerintah daerah yang meraih opini tertinggi dari BPK itu. Capaian tersebut terus dipertahankan dan ditingkatkan, sebagai salah satu bukti komitmen pemerintah daerah menjalankan tata kelola keuangan negara yang baik.

Ia juga menyampaikan pesan khusus kepada pemerintah daerah atau kementerian dan lembaga yang belum meraih opini WTP, agar terus melakukan langkah-langkah efektif dan terukur dalam menyelesaikan temuan dan menindaklanjuti temuan BPK secara sungguh-sungguh sehingga bisa meraih opini WTP atas laporan keuangan di tahun 2020.

Sementara itu, Plt Bupati Solok Selatan yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Fidel Efendi menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada menteri keuangan yang telah memberikan penghargaan kepada pemkab solsel.

Menurutnya, penghargaan atas capaian WTP ini akan dijadikan motivasi positif untuk mewujudkan akuntabilitas keuangan pemerintah daerah yang lebih baik lagi kedepannya.

"Terima kasih ibu menteri, dan apresiasi kami juga untuk seluruh stakeholder, sehingga Pemkab Solsel mampu meraih opini WTP untuk yang keempat kalinya secara berturut-turut," ungkapnya. (Rls)