Solok Selatan terima penghargaan tertinggi laporan keuangan

id Laporan Keuangan,Opini WTP,Solok Selatan,Muzni Zakaria

Solok Selatan terima penghargaan tertinggi laporan keuangan

Bupati Solok Selatan menerima penghargaan Capaian Standar Tertinggi atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2018 dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian. (Dok. Bagian Humas Solok Selatan)

Padang (ANTARA) - Kabupaten Solok Selatan, menjadi salah satu kabupaten/kota di Sumatera Barat yang menerima penghargaan Capaian Standar Tertinggi atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2018 dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian.

Opini WTP kali ini, merupakan untuk yang ketiga kalinnya berturut-turut sejak 2016. Yang sebelumnya pada 2013 hingga 2015 meraih Opini Wajar Dengan Pengecualian.

Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria, yang ditemui usai menerima penghargaan di Pangeran Beach Hotel Padang, Senin, menyebutkan Opini WTP untuk ketiga kalinnya ini menjadi pemicu semangat dan motivasi pemerintah setempat mampu mempertahankan di tahun mendatang.

"Saya targetkan Solok Selatan bisa meraih Opini WTP hingga lima kalinya," ujarnya.

Menurut dia, Opini WTP tidak serta merta bisa diraih Solok Selatan jika segenap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak mendukung.

"Capaian ini berkat keseriusan dan komitmen yang tinggi pemerintah kabupaten dengan segenap OPD," ujanya.

Terkait kesulitan yang menjadi hambatan dalam meraih Opini WTP, sebutnya aset menjadi kendala yang cukup berat. "Namun secara perlahan kami benahi dan alhamdulillah Solok Selatan tiga kali berturut-turut meraih Opini WTP," ujarnya.

Selain Solok Selatan, setidaknya 19 kabupaten/kota dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat juga menerima penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2018.

Pemprov Sumbar dan Pemkab Tanah Datar, menjadi daerah yang mampu meraih Opini WTP sebanyak enam kali berturut-turut dari 2013 hingga 2018.

Penyerahan penghargaan penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2018, bersamaan dengan peringatan Hari Oeang yang dilanjutkan dengan seminar keuangan.

Gubernur Sumatera Barat dalam sambutannya mengatakan meraih Opini WTP itu mudah asal didasari dengan komitmen yang tinggi dan keinginan yang kuat.

"Untuk meraih Opini WTP, kita harus menyiapkan sumber daya manusia, aplikasi sistem keuangan dan regulasi," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar