Terkendala server, 36 peserta UNBK Dharmasraya ikuti ujian susulan

id Reno Lazuardi

Sekretaris Dinas Pendidikan Dharmasraya, Reno Lazuardi. (ANTARASUMBAR/Ilka Jensen)

Peserta ini mengikuti ujian susulan karena terkendala 'server down' saat UNBK hari pertama 23 April
Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 36 peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat mengikuti ujian susulan pada 8 sampai 9 Mei 2018.

"Peserta ini mengikuti ujian susulan karena terkendala 'server down' saat UNBK hari pertama 23 April," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Dharmasraya, Reno Lazuardi di Pulau Punjung, Selasa.

Ia mengatakan 36 peserta tersebut berasal dari SMP 3 Pulau Punjung dan SMP 4 Pulau Punjung mengikuti ujian susulan mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Kendala tersebut bermula saat seluruh layar komputer berwarna biru atau "blue screen" yang mengakibatkan komputer tidak dapat diakses pada ujian sesi 3 lab 3 sekitar pukul 15.45 WIB.

Kondisi itu langsung dilaporkan tim bantuan kabupaten ke pihak provinsi untuk dapat menaikkan server cadangan agar komputer dapat diakses kembali, lanjutnya.

"Namun sampai pukul 17.30 Wib server cadangan tidak dapat dinaikkan karena berbagai hambatan dalam koordinasi, oleh sebab itu diputuskan seluruh peserta mengikuti ujian susulan di SMA 1 Pulau Punjung selaku sekolah penyelenggara tahun ini," katanya.

Ia menyebutkan seluruh peserta telah diberikan pengertian agar siswa merasa tidak terbebani secara mental akibat kendala teknis tersebut.

Total seluruh peserta yang mengikuti ujian susulan sebanyak 37 siswa. Seorang peserta berasal dari SMP 3 Koto Salak terpaksa susulan karena mengalami kecelakaan.

Ia mengatakan jadwal UNBK di Kabupaten Dharmasraya dibagi menjadi tiga sesi, sesi pertama dimulai pukul 08.00-10.00 WIB, sesi kedua pukul 10.30-12.30 WIB, dan sesi ke tiga pukul 14.00-16.00 WIB.

Jumlah peserta Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada 2018 sebanyak 3.305 siswa. Terbagi SMP 2.251 dan MTSn 755 peserta, kata dia.

Sedangkan Peserta UNBK SMP negeri dan swasta sebanayak 2.551 dan UNBK MTs 281 peserta, tambah dia. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar