Inilah kampung Inggris Nagari Lawang yang baru diresmikan bupati Indra Catri

id kampung inggris lawang

Inilah kampung Inggris Nagari Lawang yang baru diresmikan bupati Indra Catri

Pembukaan papan nama Kampung Inggris Nagari Lawang. (cc)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menetapkan Nagari Lawang, Kecamatan Matur daerah setempat sebagai Kampung Inggris dalam rangka meningkatkan kemampuan masyarakat setempat untuk menguasai bahasa asing tersebut.

Bupati Agam Indra Catri di Lubuk Basung, Kamis, mengatakan kampung Inggris yang telah diresmikan pada Rabu (18/4) merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah di bidang pendidikan, terutama dalam penguasaan bahasa asing.

Dipilihnya Nagari Lawang sebagai kampung Inggris karena warganya memiliki semangat dan keinginan kuat untuk belajar bahasa Inggris.

Bupati dua periode itu berharap masyarakat belajarl dengan sungguh-sungguh dan pertahankan agar bisa menjadi kebanggaan masyarakat.

"Saya tidak ingin gagasan ini layu sebelum berkembang. Untuk itu belajarlah dengan sungguh-sungguh agar tujuan dari program ini tercapai," katanya.

Ia menambahkan Kampung Inggris Nagari Lawang ini akan menjadi sebuah wadah bagi generasi muda untuk menambah kemampuan berbahasa Inggris.

Kemampuan itu akan mereka gunakan dalam kehidupan dan mencari pekerjaan.

Kampung Inggris ini bukan ajang promosi wisata, tetapi industri otak bagi generasi muda untuk menyiapkan diri mampu berbahasa Inggris.

"Saya sudah lama menginginkan membentuk kampung Inggris ini agar generasi muda terus belajar," katanya.

Sementara itu Wali Nagari Lawang, Jamal Mukhtar mengatakan berdirinya kampung Inggris ini akan membantu masyarakat mengaplikasikan bahasa Inggris ke dalam bahasa sehari-hari.

Sebelum terbentuknya kampung Inggris, anak-anak akan dibina oleh seorang guru Kampung Inggris dari Kediri, Azizah, selama 40 hari.

"Awalnya target kita hanya 30 orang, namun sampai saat ini sudah mencapai 80 anak yang mendaftar untuk belajar," katanya. (*)