Keseriusan SPMI dorong kampus maju, kata koordinator Kopertis X

id Kopertis X

Keseriusan SPMI dorong kampus maju, kata koordinator Kopertis X

Koordinator Kopertis X Prof Herri (Antara Sumbar/M R Denya)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Koordinator Kopertis wilayah X Prof Herri mengatakan keseriusan pimpinan perguruan tinggi dalam kinerja Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) akan mendorong kampus menjadi maju dan berkembang.

"SPMI mengacu salah satunya pada evaluasi dan pemantauan, bila ini dilakukan dengan benar kampus dapat memperbaiki setiap kekurangan dan segera berkembang," ucapnya di Padang, Sabtu.

Menurut Herri, lewat SPMI kampus dapat melihat secara kekurangan dan kelebihan yang ada baik dari sisi akademik, struktural, atau sarana prasarana. Muaranya untuk akreditasi yang menjadi acuan untuk peningkatan kualitas kampus tersebut.

Pada dasarnya SPMI akan memudahkan kinerja dari penyusunan dokumen borang akreditasi sehingga kinerjanya cukup strategis.

Untuk itu dia berharap kampus swasta yang berjumlah lebih kurang 250 unit ada di lingkungannya dapat memilih individu yang tepat dalam kinerja SPMI tersebut. Sebab ini merupakan penjaminan mutu tentu harus orang terbaik dan dapat menguasai persoalan kampus yang harus dipilih dalam kinerja SPMI.

"Kopertis juga terus mendorong SPMI yang baik dengan pengadaan pelatihan guna menguatkan kualitasnya. Ini penting mengingat sebagian besar kampus swasta belum optimal dalam kinerja SPMI," kata Herri.

Hal ini tentu akan membantu komponen SPMI kampus dalam meningkatkan kemampuannya khususnya dalam meningkatkan kualitas mutu.

Sementara itu fasilitator SPMI Kopertis wilayah X Prof Mansyurdin menyebutkan terdapat beberapa standar penting dalam SPMI. Standar penting tersebut mencakup standar pendidikan, standar penelitian, dan standar pengabdian masyarakat.

Dia mengingatkan SPMI bukanlah sebuah tugas dalam sebuah dokumen, namun menjadi salah satu budaya mutu dalam kampus. (*)