Mengembangkan agrowisata kopi, kakao dan lada di Lampung

id kopi

Mengembangkan agrowisata kopi, kakao dan lada di Lampung

Kopi. (Antara)

Agrowisata berbasis kopi di Kabupaten Lampung Barat, lada di  Lampung Timur, dan kakao Pesawaran
Bandarlampung, (Antaranews Sumbar) - Pengembangan agrowisata kopi, kakao dan lada akan dilakukan Dinas Perkebunan dan Peternakan Pemerintah Provinsi Lampung.

"Agrowisata berbasis kopi di Kabupaten Lampung Barat, lada di Lampung Timur, dan kakao Pesawaran," kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setprov Lampung Hery Suliyanto di Bandarlampung, Rabu.

Oleh karena itu, ia mengharapkan dukungan dari kabupaten sentra untuk dapat mewujudkan pengembangan kawasan agrowisata tersebut.

Ia juga mengatakan perkebunan dan peternakan merupakan bagian dari sektor pertanian mempunyai peran yang penting dan strategis dalam menunjang pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung, Dessy Desmaniar Romas mengatakan bahwa Pemprov Lampung melaksanakan pembangunan perkebunan dan peternakan secara komprehensif dan terpadu dengan menyinergikan semua sumber daya yang dimiliki oleh para pemangku kepentingan.

"Hal ini dilaksanakan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas perkebunan dan peternakan melalui penerapan sistem agribisnis berkelanjutan serta derajat kesehatan hewan ternak untuk kesejahteraan pekebun dan peternak," kata dia.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Dinas Perkebunan dan Peternakan mempunyai sasaran di antaranya meningkatkan produksi dan produktivitas perkebunan dan peternakan, serta pemenuhan pangan asal hewan ternak yang aman, sehat, utuh, dan halal.

"Oleh sebab itu dipandang perlu adanya aspek penguatan koordinasi, pendampingan dan pembinaan pembangunan perkebunan dan peternakan yang sifatnya partisipatif baik di pusat maupun daerah," kata dia.