BPCB Batusangkar sosialisasikan cagar budaya kepada siswa

id BPCB

Seorang siswa memperhatikan Arca Ganesha yang ditemukan di Dharmasraya oleh Balai Pelestarian Benda Cagar Budaya (BPCB) Batusangkar. (ANTARA SUMBAR/Joko Nugroho)

Dharmasraya, (Antaranews Sumbar) - Balai Pelestarian Cagar Budaya melakukan sosialisasi kepada puluhan siswa SMA di Kabupaten Dharmasraya, Minggu.

Kepala BPCB Batusangkar, di Dharmasraya Nurmantias menjelaskan sosialisasi cagar budaya sebagai proses belajar dalam mengenalkan kebudayaan kepada pelajar agar lebih dikenal dan dipahami masyarakat luas.

Ia berharap sosialisasi melalui kemah budaya dapat meningkatkan pemahaman tentang pelestarian cagar budaya oleh masyarakat secara berkelanjutan.

"Dalam kegiatan ini kita melibatkan pramuka, karena mereka mempunyai kemampuan yang sudah terlatih melalui pendidikan non formal. Ke depan adik-adik pramuka ini nantinya yang akan menyampaikan dan menyebarluaskan pemahaman kepada masyarakat tentang cagar budaya yang ada di Dharmasraya ini," katanya.

Ia menerangkan cagar budaya adalah warisan budaya bersifat benda berupa Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, Struktur Cagar Budaya, Situs

Cagar Budaya, dan Kawasan Cagar Budaya di darat dan atau di air yang perlu dilestarikan keberadaannya.

"Melalui kegiatan ini cagar budaya yang ada di Dharmasraya dapat dilestarikan serta diketahui masyarakat umum. (*)

Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar