Pendakian perdana Kerinci lewat Solok Selatan pasca keluarnya izin

id pendakian gunung kerinci

Pendakian perdana Kerinci lewat Solok Selatan pasca keluarnya izin

Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman (tengah baju putih) foto bersama dengan para pendaki perdana gunung kerinci usai secara resmi dilepas, Kamis. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman resmi melepas pendaki perdana Gunung Kerinci perdana dari Bangun Rejo pasca keluarnya izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan, Kamis.

"Pelepasan pendaki perdana Gunung Kerinci dari Solok Selatan merupakan awal dimulainya kebangkitan ekonomi masyarakat setempat," katanya Padang Aro.

Setelah dilakukan pendakian perdana gunung dengan ketinggian 3.805 mdpl dari solok selatan diharapkan berdampak banyak bagi kehidupan ekonomi masyarakat.

Mendaki Gunung Kerinci dari Solok Selatan memang tidak secepat rute dari Kerinci, namun keunggulannya memiliki pemandangan alam yang luar biasa, flora dan fauna yang akan ditemui banyak sepanjang jalur serta lebih landai.

Dia berharap, dengan pelepasan pendaki perdana tersebut, akan membawa daerah itu menjadi unlimited tourisme, yang akan mengintegrasikan beberapa objek wisata dalam satu kawasan mulai dari wisata budaya di saribu rumah gadang, air terjun yang banyak, camping ground camintoran.

"Pendakian gunung kerinci akan menjadi satu kesatuan potensi wisata yang tidak bisa dipisahkan dengan yang lainnya," ujarnya.

Sementara itu, anggota DPRD Sumatera Barat Irwan Afriadi mengapresiasi pemerintah yang telah mengeluarkan izin pendakian gunung kerinci melalui Solok Selatan.

Menurut dia, potensi wisata ini akan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Solok Selatan sebab akan banyak wisatawan yang akan berkunjung.

DPRD pronvinsi katanya, siap membantu untuk mengembangkan potensi wisata jalur pendakian gunung kerinci.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah IV David, menyebutkan, pendaki perdana gunung kerinci dari Solok Selatan berjumlah empat orang dan didampingi oleh empat orang poter.

Setelah ini katanya pada Jumat akan ada empat orang lagi.

"Kami berharap ini akan memberikan dampak yang baik bagi masyarakat terutama peningkatan ekonomi warga sekitarnya," katanya.

Ia menyebutkan, biasanya pendaki gunung akan meningkat pada bulan agustus, tahun baru dan libur panjang. (*)