BMKG prakirakan Kota Padang hujan ringan saat puncak HPN

id cuaca

BMKG prakirakan Kota Padang hujan ringan saat puncak HPN

Pantauan radar cuaca BMKG Ketaping, Padangpariaman, Sumatera Barat. (Antara sumbar/BMKG Ketaping)

Untuk angin dari barat daya ke timur laut dengan kecepatan maksimum 15 kilometer per jam
Padang, (Antaranews Sumbar) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping Padang Pariaman, Sumatera Barat, memperkirakan hujan ringan turun di Kota Padang saat malam puncak Hari Pers Nasional pada Jumat (9/2).

"Namun kami memperkirakan dari pagi hingga sore hari cuaca di Padang cerah berawan, dan malamnya hujan dengan intensitas ringan," kata Kepala Seksi Observasi BMKG Ketaping Padang Pariaman, Budi Samiadji saat dikonfirmasi dari Padang, Kamis.

Menurutnya saat ini cuaca di sebagian wilayah Sumatera Barat memang tidak menentu, hal itu disebabkan oleh masa peralihan musim basah ke musim kering. Tetapi secara umum kondisi cuaca di provinsi itu cenderung cerah.

Ia menyebutkan selain Kota Padang, beberapa daerah lainnya yang juga hujan ringan yakni di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Agam, dan Padang Pariaman.

BMKG juga memperkirakan suhu udara di provinsi itu berkisar antara 18 sampai 31 derajat celsius dengan kelembapan udara 65 sampai 95 persen.

"Untuk angin dari barat daya ke timur laut dengan kecepatan maksimum 15 kilometer per jam," ujar dia.

Budi mengimbau masyarakat untuk sedia payung dan jas hujan bagi pengendara sepeda motor, terutama yang keluar rumah pada malam hari.

Sementara untuk cuaca di laut BMKG Maritim Teluk Bayur memperkirakan adanya potensi gelombang tinggi hingga 2,5 meter yang terjadi di Samudera Hindia Barat Kepulauan Mentawai, Perairan Enggano Bengkulu dan Samudera Hindia Barat Bengkulu.

"Untuk cuaca secara umum diperkirakan berawan," kata Prakirawan BMKG Maritim Teluk Bayur, Ayu Beta Sari.

Kemudian untuk arah angin dari barat laut ke timur laut dengan kecepatan dua hingga 13 knot. Pihaknya mengimbau nelayan dan jasa transportasi laut agar mewaspadai hal itu.

Pihaknya akan memperbaharui informasi jika terjadi perubahan cuaca wilayah perairan. (*)