Pesisir Selatan Butuh Tambahan 50 Tenaga Inseminator untuk Program Upsus Siwab

id inseminasi buatan

Pesisir Selatan Butuh Tambahan 50 Tenaga Inseminator untuk Program Upsus Siwab

Inseminasi Buatan (IB) atau sapi kawin suntik agar cepat bunting. (Antara)

Painan, (Antara Sumbar) - Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, membutuhkan tambahan 50 tenaga inseminator untuk melakukan inseminasi buatan kepada ternak dalam program Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (Upsus Siwab).

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat, Hazrita di Painan, Jumat, mengatakan jumlah tenaga inseminator di daerah itu belum ideal jika dibandingkan dengan populasi ternak yang ada.

"Idealnya ada tambahan tenaga inseminasi sebanyak 50 orang lagi," katanya.

Ia mengatakan daerah tersebut saat ini hanya memiliki 37 orang tenaga inseminator, dimana sebelumnya 15 dari 37 orang itu merupakan petugas tambahan yang merupakan non PNS dan bekerja secara swadana.

"Namun segala aktivitasnya masih dalam koordinasi Dinas Peternakan melalui pusat kesehatan hewan yang ada di daerah," tambahnya.

Tenaga tambahan itu, kata dia merupakan reward karena Pesisir Selatan sebelumnya mendapatkan penghargaan dalam Siwab Award sehingga diberikan peningkatan SDM berupa pelatihan petugas yang sebelumnya belum bisa melakukan inseminasi.

Sedangkan khusus populasi sapi potong dan kerbau di daerah itu, sebutnya mencapai 90 ribu ekor, sehingga, sebelumnya jika diperkirakan 22 orang menangani sebanyak 3000 ekor per satu tahun.

"Artinya petugas menangani sebanyak lima hingga enam ekor per harinya," sebutnya.

Kemudian, kata dia jika dilihat dari kondisi geografis, di mana untuk menjangkau suatu daerah membutuhkan waktu yang cukup lama, karena lokasi kandang berada cukup jauh di pedalaman nagari.

"Terkadang untuk mencapai kandang ternak tidak bisa hanya menggunakan kendaraan, namun ada juga yang harus menggunakan sampan," ujarnya.

Sehingga jika ada penambahan lebih kurang 50 orang lagi, itu akan sangat membantu aktivitas inseminasi tersebut.

"Meskipun begitu, hasil yang didapatkan tetap memuaskan dan melebihi dari target inseminasi yang ditetapkan" katanya. (*)