Sepasang Harimau Sumatera dari TMSBK Segera Huni Bali Zoo

id HARIMAU SUMATERA

Sepasang Harimau Sumatera dari TMSBK Segera Huni Bali Zoo

Harimau Sumatera (panthera tigris sumatrae). ( ANTARA FOTO/Rosa Panggabean/17.)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Dua ekor Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) koleksi Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), dihibahkan pada Bali Zoo.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga setempat, Erwin Umar di Bukittinggi, Jumat (15/12), mengatakan hal itu menindaklanjuti kerja sama kedua pihak pada Oktober 2016 untuk meningkatkan fungsi konservasi.

Dua ekor Harimau Sumatera yang dihibahkan yaitu masing-masing satu ekor berjenis kelamin jantan dan betina.

Sementara sebelumnya TMSBK telah lebih dulu menerima hibah satwa dari Bali Zoo yaitu Singa Afrika, Burung Bayan, dan Kangguru Tanah yang jumlahnya masing-masing tiga ekor.

Sembilan ekor satwa itu diterima pada April 2017.

Erwin menerangkan proses hibah satwa dengan Bali Zoo itu membutuhkan waktu mencapai satu tahun untuk mengurus perizinan.

"Banyak perizinan yang harus diselesaikan, mulai dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), gubernur, hingga Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Saat akan mengirimkan satwa, kami juga berkomunikasi dengan pihak yang membantu mengawal," ujarnya.

Pengiriman satwa itu dari TMSBK ke Bali Zoo melalui jalur darat melibatkan pengawalan dari tiga orang polisi hutan, Polda Sumbar dan satu orang dokter hewan.

Dengan telah dihibahkannya dua ekor satwa dilindungi itu, koleksi Harimau Sumatera di TMSBK yang semula 12 ekor kini menjadi 10 ekor.

"Lewat kerja sama berupa hibah satwa ini, kami harap Harimau Sumatera dapat beradaptasi di sana sehingga akan menjadi sarana pendidikan pula bagi anak-anak yang berkunjung ke Bali Zoo," katanya. (*)