HPN 2018 - Wagub: Peran Pers Penting untuk Pembangunan

id HPN

HPN 2018 - Wagub: Peran Pers Penting untuk Pembangunan

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit membuka pameran sejarah pers di Minangkabau. (ANTARA SUMBAR/Novia Harlina)

Padang, (Antara Sumbar) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menilai kontrol sosial yang yang dilakukan pers merupakan salah satu masukan yang bisa dijadikan dasar kebijakan dalam penyusunan program pembangunan daerah.

"Pemerintah juga perlu kritik yang membangun dan memberikan solusi. Pers memiliki peran penting dalam hal itu,"kata dia di Museum Adityawarman, Padang, Jumat (1/12).

Ia mengatakan itu usai membuka Pameran Sejarah Pers Nasional di Minangkabau sebagai salah satu rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) di Sumbar 2018.

Namun berdasarkan informasi yang ia terima, banyak pejabat publik di Sumbar yang takut berurusan dengan wartawan atau insan pers.

Ia sangat menyayangkan hal itu, karena melalui media massa pemerintah juga bisa menyebarluaskan informasi tentang program dan kegiatan pembangunan agar sampai kepada masyarakat.

"Sudah tidak zamannya lagi pejabat publik takut dengan wartawan. Apalagi informasi di pemerintahan sekarang memang harus transparan sesuai UU keterbukaan publik," katanya.

Terkait pelaksanaan pameran, ia mengapresiasi karena bisa menjadi media bagi masyarakat untuk dapat lebih mengenal tokoh bangsa dari Minangkabau, termasuk yang berlatar belakang pers.

"Kita memiliki banyak tokoh pers nasional, ada banyak koran yang telah ada sebelum dan sesudah kemerdekaan. Selama ini mungkin belum banyak yang mengetahui. Pameran bisa menjadi sumber informasi penting bagi mereka," kata dia.

Sementara itu terkait pelaksanaan HPN di Sumbar pada Februari 2018, ia meminta dukungan dari semua pihak agar bisa berjalan lancar dan sukses.

HPN di Sumbar juga diharapkan berdampak terhadap pembangunan daerah karena presiden beserta para menteri akan hadir dalam acara itu.

Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus mengatakan, terlaksananya pameran ini merupakan wujud usaha yang maksimal yang dilakukan para panitia HPN dengan pihak museum dalam menghimpun koleksi yang menggambarkan perjalanan pers, mulai dari sebelum kemerdekaan, setelah kemerdekaan, hingga saat sekarang.

Menurutnya generasi muda saat ini harus dapat mengetahui bahwa di Sumbar ada banyak pahlawan nasional, di antara mereka adalah tokoh pers.

Kepala UPTD Museum Aditiawarman, Adi Saputra mengatakan pameran bertujuan untuk mengenalkan sejarah perjalanan pers dari masa ke masa hingga saat sekarang.

Beragam koleksi media massa Sumbar dalam lintasan zaman dapat dilihat disini. Selain itu ada juga berbagai peralatan yang pernah dipergunakan pers tempo, seperti kamera, mesin tik, alat untuk mencetak koran, hingga foto tokoh pers," kata dia. (*)