Payakumbuh Sosialisasikan Pemanfaatan Data Kependudukan

id sosialisasi data kependudukan

Payakumbuh Sosialisasikan Pemanfaatan Data Kependudukan

Sosialisasi pemanfaatan data kependudukan bagi perangkat daerah dan pemangku kepentingan terkait di Kota Payakumbuh. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Payakumbuh menyosialisasikan pemanfaatan data kependudukan bagi perangkat daerah dan pemangku kepentingan terkait, Selasa (28/11).

Acara itu menghadirkan perwakilan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan perwakilan dari seluruh puskesmas di Kota Payakumbuh, mendatangkan narasumber dari Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sumbar.

Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Yoherman mengatakan pemanfaatan data kependudukan sangat penting untuk menunjang, baik pelayanan OPD kepada masyarakat maupun dalam perencanaan pembangunan daerah.

Ia mengharapkan dengan dilaksanakannya sosialisasi tersebut akan meningkatkan pelayanan dan dapat melayani lembaga pengguna data penduduk di daerah itu.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Payakumbuh Yunida Fatwa menerangkan bahwa setelah sosialisasi ini, perlu adanya tindak lanjut dan komitmen antara OPD dengan Disdukcapil tentang pemanfaatan data kependudukan.

Ia mengatakan data kependudukan harus digunakan untuk pelayanan publik dan kabupaten atau kota berwenang serta berkewajiban untuk melayani lembaga pengguna data penduduk.

Kasi Aplikasi dan Pemberdayaan Informatika Dinas Kominfo Kota Payakumbuh Rafles Susandi mengatakan Diskominfo akan menyiapkan aplikasi bagi OPD pengguna data kependudukan berdasarkan road map Master plan e-Government serta menyiapkan infrastruktur, server, serta jaringan. (*)