111 Pelajar Pesisir Selatan Menjadi Pelaku Penyebab Kecelakaan 2017

id Pelajar korban kecelakaan

111 Pelajar Pesisir Selatan Menjadi Pelaku Penyebab Kecelakaan 2017

Ilustrasi - Pelajar korban kecelakaan. (cc)

Painan, (Antara Sumbar) - Sebanyak 111 pelajar di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, terlibat sebagai pelaku penyebab kecelakaan lalu lintas dari 227 kecelakaan yang terjadi di daerah itu sepanjang 2017.

"Selain itu 141 pelajar lagi tercatat menjadi korban kecelakaan, tiga di antaranya meninggal dunia, lima luka berat dan 133 luka ringan," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Pesisir Selatan, Iptu Ghanda Novidiningrat di Painan, Rabu.

Ia menyebutkan situasi tersebut terjadi karena bebasnya pelajar pada daerah setempat berkendara terutama menggunakan kendaraan roda dua.

Hal itu diperparah karena kebanyakan di antara pelajar berkendara tidak sesuai aturan seperti berkendara dengan kecepatan tinggi, belum mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM), tidak memakai helm, berboncengan lebih dari satu orang, mengendarai kendaraan tidak laik jalan, dan lainnya.

Bahkan dari informasi yang didapatkan mengendarai kendaraan yang tidak laik jalan merupakan salah satu trendi di lingkungan pelajar.

"Mengendarai sepeda motor yang tidak memiliki lampu atau tidak menyalakan lampu pada malam hari sedang trendi, dan tidak heran hal tersebut banyak ditemui di jalan-jalan di daerah ini," sebutnya.

Terkait situasi itu, ia berjanji akan menggalakkan razia sehingga kecelakaan lalu lintas yang disebabkan pelajar atau pun yang menyebabkan pelajar menjadi korban bisa diminimalkan.

"Kemudian peran orang tua dan juga masyarakat akan lebih efektif dalam meminimalkan risiko kecelakaan seperti tidak memberi izin pelajar berkendara," kata dia.

Sementara pada pelaksanaan Operasi Zebra yang digelar 1 hingga 14 November 2017, polisi setempat menerbitkan surat bukti pelanggaran atau tilang kepada 186 pelajar di daerah itu.

Jumlah tersebut hampir separuh dari total surat tilang yang diterbitkan ke pengendara kendaraan roda dua selama operasi yang berjumlah 378 lembar. (*)