Indonesia Harus Munculkan Mental Bangsa Pemenang

id Zulkfili

Ketua MPR RI H. Zulkifli Hasan. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menegaskan bangsa Indonesia harus memiliki mental pemenang agar Indonesia menjadi negara maju dan dapat bersaing dengan negara-negara maju lainnya.

"Setiap manusia termasuk bangsa Indonesia dilahirkan, memiliki mental sebagai pemanang atau pengalah, tergantung pada pendidikan dan proses perkembangannya," kata Zulkifli Hasan saat menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar di hadapan ratusan mahasiswa FKIP Universitas Lampung di kampus Universitas Lampung, Bandarlampung, Sabtu.

Menurut Zulkifli, manusia dilahirkan dasarnya memiliki karakter sebagai pemenang, tapi jiwa pemenang itu harus terus dilatih dan diasah dengan kerja keras dan optimisme.

Zulkifli melihat, bangsa China, Jepang, dan Korea memiliki mental sebagai pemenang yang ditandai dengan kerja keras, optimistis, dan mandiri.

Dia mencontohkan, pada sektor industri, China, Jepang, dan Korea berani memproduksi kendaraan berteknologi tinggi, seperti mobil.

"Jika belum mampu menciptakan prototipe baru, dengan mencontek pun tidak masalah, tapi berani memproduksi dan menjual," katanya.

Menurut Zulkifli, itu menunjukkan mental pemenang, karena kreatif dan optimisme.

Bagaimana terhadap bangsa Indonesia? Zulkifli menilai Indonesia sulit maju karena mental bangsa Indonesia adalah pengalah.

Dia mencontohkan, Indonesia memilih membuat kebijakan impor kendaraan tapi dengan sedikit konten lokal.

"Impor itu menunjukkan bangsa Indonesia memiliki mental pengalah dan kurang kreatif," katanya.

Menurut Zulkifli, agar bangsa Indonesia menjadi bangsa pemenang, harus menguasai ilmu pengetahuan, cerdas, serta memiliki jaringan luas.

Zulkifli juga mengingatkan, tantangan ke depan semakin berat dan komplek, kalau bangsa Indonesia tidak menyiapkan diri dengan baik, maka Indonesia sulit menjadi negara maju. (*)
Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar