Ini kata Asops Kasal Tentang Hari Pahlawan dan Sumbar

id TNI AL

Ini kata Asops Kasal Tentang Hari Pahlawan dan Sumbar

Armada Angkatan Laut Indonesia (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal) Laksamana Muda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, mengajak generasi muda di Sumatera Barat (Sumbar) untuk memacu berprestasi dan jadi penerus pahlawan nasional yang banyak berasal dari daerah itu.

"Seperti kita tahu dari sejarah Indonesia, banyak pahlawan nasional dan para pemikir yang lahir dan muncul dari daerah ini. Ini harus terus dilanjutkan di masa mengisi kemerdekaan ini," kata Ary Atmaja, di Padang, Jumat.

Ia menyebutkan sejumlah tokoh seperti Mohammad Hatta, Sutan Syahrir, Tuanku Imam Bonjol, dan lainnya.

Generasi muda, lanjutnya, harus terus meningkatkan kualitas dan pengetahuan di bidang masing-masing untuk mengukir prestasi, dan berbuat untuk kepentingan bangsa.

Ia juga mengajak generasi muda di Sumbar memupuk minat untuk bergabung dengan TNI, khususnya Angkatan Laut.

Sebelumnya, Ary Atmaja datang ke Padang untuk menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional yang jatuh setiap 10 November.

Upacara itu dilangsungkan di atas kapal KRI Bima Suci, di laut wilayah perairan Padang, Sumbar.

Selain upacara juga dilakukan prosesi tabur bunga ke laut, untuk mengenang dan memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan.

Kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang diikuti ratusan peserta upacara.

Selain KRI Bima Suci, peringatan hari pahlawan tersebut juga tampak diiringi oleh KRI Yos Sudarso, serta Kapal milik Badan SAR Nasional.

Sedangkan para taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) yang ada di KRI Bima Suci juga menyuguhkan penampilan parade roll di atas kapal. (*)