Presiden akan Tanam Pohon di Puncak Hari Lingkungan Hidup

id Bambang Hendroyono

Presiden akan Tanam Pohon di Puncak Hari Lingkungan Hidup

Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono. (cc)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Presiden Joko Widodo direncanakan menanam pohon di arboretum Manggala Wanabakti pada rangkaian puncak Hari Lingkungan Hidup (HLH) yang akan digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada 2-4 Agustus 2017.

Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa peringatan HLH akan dimeriahkan oleh kegiatan Kemah Generasi Lingkungan untuk Konservasi, yang akan dihadiri sekitar 500 orang peserta.

Dalam kesempatan yang sama, Staf Ahli Menteri LHK Bidang Hubungan Antar-Lembaga dan Daerah Ilyas Asaad menyampaikan dalam acara puncak HLH 2017, KLHK akan memberikan penghargaan dalam bidang lingkungan hidup dan kehutanan antara lain 10 Kalpataru, enam Adipura Kencana, 116 Adipura, 41 sertifikat, enam pelakat, 113 Adiwiyata dan sembilan Nirwasita Tantra.

"Penghargaan ini akan diberikan kepada perorangan, kelompok, kepala daerah dan sekolah yang telah turut berpartisipasi dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan, dan rencananya akan disampaikan secara simbolik oleh Presiden Joko Widodo," ujar Ilyas.

Selain Menteri LHK, Rakernas akan dihadiri oleh Ketua Komisi IV DPR RI, Ketua Komisi VII DPR RI, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas, Menteri Keuangan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Menteri Dalam Negeri dan para pemangku kepentingan lainnya.

Pada waktu yang bersamaan, pelaksanaan PNPI yang bertajuk Menterjemahkan "National Determination Contribution" (NDC) Menjadi Aksi (Translating NDC Into Actions) akan digelar untuk membangun semangat bersama seluruh stakeholders dalam aksi mitigasi dan adaptasi, sekaligus penyebarluasan informasi hasil-hasil "best practices" di tingkat nasional dan lokal, kepada seluruh masyarakat yang sejalan dengan "Paris Agreement".

Direktur Mitigasi Perubahan Iklim Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Emma Rachmawaty mengatakan dalam kegiatan PNPI, akan disampaikan pula penghargaan kepada anggota Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api yang berprestasi.

Selain itu, PNPI juga akan diisi seminar atau "workshop, talkshow, showcase good practices", lomba dan kompetisi, serta hiburan masyarakat dalam tema perubahan iklim. (*)