Polres Padangpariaman Upayakan Menambah Rumah Bhabinkamtibmas

id Eri Dwi Hariyanto

Polres Padangpariaman Upayakan Menambah Rumah Bhabinkamtibmas

Kapolres Padangpariaman, AKBP Eri Dwi Hariyanto usai upacara memperingati Hari Bhayangkara ke-71 di Parit Malintang, Senin (10/7). Polres Padangpariaman sedang mengupayakan menambah rumah atau kantor Bintara pembinanaan dan keamanan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) di daerah itu karena dipandang dapat menekan angka kriminalitas. (ANTARA SUMBAR/Aadiaat M.S.)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor Padangpariaman, Sumatera Barat akan menambah rumah atau kantor Bintara pembinaan dan keamanan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) karena dipandang dapat menekan angka kriminalitas di daerah itu.

"Penambahan rumah Bhabinkamtibmas itu akan menjadi fokus saat ini," kata Kapolres Padangpariaman, AKBP Eri Dwi Hariyanto usai upacara memperingati Hari Bhayangkara ke-71 di Parit Malintang, Senin.

Ia mengatakan dengan adanya rumah Bhabinkamtibmas tersebut maka kepolisian memiliki tempat membina masyarakat sehingga dapat menekan angka kriminalitas.

Selain itu kehadiran Bhabinkamtibmas dapat mendekatkan pihak kepolisian kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan.

Upaya penambahan tersebut karena selain menciptakan kenyamanan terhadap masyarakat juga menjadi perhatian Presiden RI untuk meningkatkan pembinaan, keamanan, ketertiban serta mengantisipasi terorisme, katanya.

"Namun penambahan tersebut kita sesuaikan dengan anggaran yang kita miliki," ujarnya.

Ia mengatakan penambahan tersebut juga perlu dukungan dari masyarakat seperti di Nagari Ketaping Kecamatan Batang Anai yang menyerahkan kantor wali korong menjadi rumah Bhabinkamtibmas.

Saat ini sejak adanya rumah Bhabinkamtibmas di daerah itu angka kriminilitas di wilayah Kepolisian Sektor Batang Anai turun yaitu pada 2015 252 kasus, sedangkan pada 2016 menjadi 158 kasus dan pada tahun ini tercatat 57 kasus.

Ia mengatakan dengan adanya dukungan dari masyarakat setempat maka menciptakan ketertiban menjadi lebih baik serta sosialisasi program dari Polri mudah.

Saat ini wilayah Kepolisian tersebut telah memiliki tiga rumah Bhabinkamtibmas satu di Kecamatan Pauh Kambar dan dua di Kecamatan Batang Anai.

Sementara itu, Ketua Kerapatan Adat Nagari Ketaping, Bahrul mengatakan selama ini Bhabinkamtibmas di daerah itu selalu ikut semua kegiatan warga sehingga terjalin kerja sama dengan masyarakat setempat.

"Karena itu kami berupaya menyediakan kantor agar warga bisa berkonsultasi di sana," sebutnya.

Ia mengatakan Bhabinkamtimas di daerah itu selama ini ikut berkontribusi untuk mencerdaskan masyarakat setempat dari hukum yang berlaku. (*)