Indonesia-Jerman Teken Kerja Sama Maritim

id Luhut Binsar Pandjaitan, Jerman, Kemaritiman

Indonesia-Jerman Teken Kerja Sama Maritim

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Jakarta, (Antara Sumbar) - Indonesia dan Jerman menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) untuk kerja sama di bidang kemaritiman.

Penandatangan MoU dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Deputi Perdana Menteri Jerman, yang juga merangkap sebagai Menteri Luar Negeri Jerman, Sigmar Gabriel di kantor Kementerian Luar Negeri Jerman di Berlin, Rabu (31/5).

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis, kerja sama bilateral tersebut merupakan implementasi dari deklarasi bersama antara RI-Jerman dalam kerja sama komprehensif yang dilakukan di Jakarta pada 12 Juli 2012 silam.

Beberapa poin yang masuk dalam agenda kerja sama yakni kerja sama strategis maritim, keamanan dan keselamatan laut, investasi infrastuktur maritim, investasi galangan kapal, kerja sama riset dan teknologi serta pelatihan.

Dalam pertemuan tersebut, Menko Luhut didampingi oleh Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Kemenko Kemaritiman Arif Havas Oegroseno, Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kemenko Kemaritiman Safri Burhanuddin, Dubes RI untuk Jerman Fauzi Bowo serta beberapa staf khusus.

Selain menandatangani MoU kerja sama bidang kemaritiman, Menko Luhut juga melakukan dialog dengan Deputi PM Jerman Sigmar Gabriel.

Kedua pihak mendiskusikan beberapa topik hangat termasuk geopolitik di kawasan, keamanan laut, counter terrorism dan kerja sama strategis Indonesia-Jerman.

Pertemuan tersebut rencananya akan ditindak lanjuti dengan dua kunjungan balasan Deputi PM Jerman Sigmar Gabriel dan kunjungan Menteri Transportasi dan Infrastruktur Digital Jerman Alexander Dobrindt.

"Deputi PM Jerman akan datang ke Indonesia setelah Pemilu Jerman sekitar akhir September atau awal Oktober, sedangkan untuk kerja sama di bidang konektivitas maritim, Menteri Transportasi Jerman akan datang ke Indonesia sekitar Juli," kata Deputi Arif Havas yang hadir dalam pertemuan tersebut. (*)