Pemkot Pariaman Berikan Pelatihan Jurnalistik Kepada ASN

id Pelatihan Jurnalistik

Pemkot Pariaman Berikan Pelatihan Jurnalistik Kepada ASN

Ilustrasi - Pelatihan Jurnalistik. (Antara)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, memberikan pelatihan jurnalistik bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) agar bisa membantu penyebarluasan informasi pembangunan di daerah itu.

"Dengan adanya pelatihan ini, para ASN diharapkan dapat membantu publikasi kegiatan yang dilakukan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) setempat, Yalvi Endri di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan pelatihan tersebut diikuti 25 peserta perwakilan organisasi perangkat daerah yang ada.

Selama ini sebut dia, ASN di lingkungan pemerintah setempat belum bisa secara maksimal membantu menyebarluasan informasi pembangunan ke masyarakat.

"Pemerintah daerah memang memiliki kerjasama dengan sejumlah media massa, namun tentunya tidak semua kegiatan yang dapat dimuat, sehingga dibutuhkan kinerja para ASN dalam hal tersebut," ujar dia.

Setelah diberikan pelatihan jurnalistik, setiap ASN memiliki tanggung jawab mengirimkan dua laporan atau produk berita ke dinas terkait setiap harinya.

"Berita atau informasi dari setiap OPD dikirimkan ke Dinas Komunikasi dan Informasi, kemudian diteruskan ke media massa untuk dipublikasikan," ujarnya.

Pemateri pelatihan Syamsul Rizal mengatakan pelatihan tersebut sangat membantu pemerintah daerah dalam mempublikasikan berbagai kegiatannya ke masyarakat.

Menurutnya pelatihan dan pembekalan jurnalistik ini merupakan implementasi dari Undang Undang No14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

"Setelah diberikan pelatihan dasar tentang jurnalistik, diharapkan para ASN memiliki kompetensi dan tanggung jawab terhadap program di setiap OPD," kata Ketua Komisi Informasi (KI) Sumbar tersebut.

Oleh sebab itu kata dia, para ASN yang diberikan pelatihan agar dapat menyiapkan berbagai data dan informasi apabila dibutuhkan oleh insan pers. (*)