Cegah Diabetes dengan CERDIK

id diabetes

Padang, (Antara Sumbar) - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terus menggencarkan sosialisasi pencegahan diabetes kepada masyarakat guna mengurangi penderita penyakit itu.

"Kita secara intensif melakukan sosialisasi terutama pada fasilitas kesehatan tingkat pertama," kata Kepala Dinkes Sumbar Rosnini Savitri melalui Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Irene di Padang, Senin.

Menurutnya diabetes merupakan penyakit menahun yang bisa dicegah dan dideteksi sejak awal, dengan demikian dapat mengurangi risiko seseorang menderita penyakit itu.

Pentingnya melakukan deteksi dini, terangnya dapat mengantisipasi penyakit menjadi semakin parah.

Sehingga, tambahnya ke depannya tidak menjadi beban bagi penderita jika pencegahan telah dilakukan di awal.

Ia mengatakan saat ini pihaknya melakukan sosialisasi dengan menggencarkan perilaku CERDIK.

CERDIK merupakan singkatan dari Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin olahraga, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stres.

"Upaya preventif dan promotif yang dilakukan diharapkan dapat mencegah masyarakat menderita penyakit diabetes," ujar dia.

Sebelumnya Kementerian Kesehatan telah meluncurkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang bertujuan untuk membangun pola hidup sehat.

Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Germas berfokus pada tiga kegiatan, yaitu meningkatkan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah, serta deteksi dini penyakit tidak menular (PTM), gerakan ini dapat dilakukan dari diri sendiri, di lingkungan keluarga, komunitas dan juga institusi. (*)