Perbakin Agam Berharap Bisa Cetak Atlet Berprestasi

id perbakinagam

Lubuk Basung, (Antara) - Pengurus cabang Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, berharap, dalam beberapa tahun ke depan akan mampu mencetak atlet menembak berprestasi sehingga bisa bersaing dalam perlombaan internasional.

"Ini target kita untuk beberapa tahun ke depan dan saya berharap target ini tercapai nantinya," kata Ketua Umum Perbakin Agam Eko Budhi Purwono saat mengukuhkan Air Rifle Club Agam (ARCA) di Pantai Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara, Minggu.

Untuk mencapai hal itu, pihaknya menurut Eko, akan memberikan pelatihan untuk pelatih dalam waktu dekat.

"Peserta pelatihan itu nantinya berasal dari utusan dari 11 pengurus klub yang ada di Agam," katanya

Selain itu, Perbakin Agam menurutnya juga mendorong setiap kecamatan untuk mendirikan klub menembak, agar bisa melakukan pembinaan terhadap pelajar dan generasi muda tentang olahraga menembak.

"Ini yang harus dilakukan klub menembak nantinya dan saya berharap ARCA dan klub lain bisa mengadakan kegiatan ini karena keberadaan klub di kecamatan untuk memperpanjang tangan Perbakin," katanya.

Selama ini, menurut dia, Perbakin setempat telah melakukan kegiatan dan mengadakan lomba menembak antar pelajar.

Dengan cara ini, Perbakin Agam keluar sebagai juara umum Kapolda Sumbar Cup pada 2013.

Sementara itu, Ketua ARCA, Syamsul Muslim menambahkan, pihaknya siap melakukan pembinaan pelajar dan generasi muda di Kecamatan Tanjung Mutiara.

"Saya akan mengerahkan 16 anggota untuk melakukan pembinaan, selain melakukan bakti sosial untuk berburu hama tupai, kera dan lainnya," katanya.

Setelah pengukuhan ARCA dilanjutkan berburu kera di lahan perkebunan milik warga Gasan Ketek, Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara, diikuti sekitar ratusan peserta yang berasal dari 11 klub.

Sebelum pengukuhan, KBO Sat Binmas Polres Agam IPDA Akhiruddin memberikan sosialisasi Undang-undang darurat No 12 tahun 1951 kepada anggota klub yang hadir. *