Solok Siapkan 1.762 Anggota Satlinmas Jaga TPS

id Satlinmas Jaga TPS

Arosuka, (Antara) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat, menyiapkan 1.762 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) untuk menjaga 881 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di daerah itu pada Pilkada serentak, 9 Desember 2015.

"Setiap TPS yang ada di 74 nagari dan 14 Kecamatan, akan dijaga dua anggota Linmas," kata Kepala Satpol PP Kabupaten Solok, Raflis di Arosuka, Rabu.

Ia menyebutkan 1.762 anggota Linmas ini direkrut melalui Nagari-nagari di Kabupaten Solok, yang kemudian nama-nama terpilih itu disampaikan ke kecamatan masing-masing, selanjutnya diserahkan ke kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Solok untuk pembinaan.

Ia mengatakan anggota Linmas itu mendapat pelatihan selama satu hari dengan instruktur atau pelatih dari petugas kepolisian setempat.

Mereka diberi pembekalan yang dipusatkan di lima titik lokasi. Masing-masing di Singkarak, dan Bukit Sundi untuk wilayah Utara, serta Lembah Gumanti, Kubung dan Lembang Jaya untuk wilayah Selatan.

Para anggota Linmas ini diberi baju seragam Linmas berwarna hijau-hijau lengkap dengan atributnya.

Selain itu anggota Linmas juga mendapat sejumlah materi pelatihan dari instruktur tentang sistem pengamanan di TPS dan antisipasi kericuhan.

Anggota Linmas tersebut akan diberi honorarium yang anggarannya bersumber dari APBD Kabupaten Solok sesuai ketentuan yang berlaku.

"Selain bertugas mengamankan TPS, anggota Linmas juga akan memberi petunjuk atau membantu pemilih yang membutuhkan bantuan saat datang ke TPS," katanya. (*)