KPU Sosialisasi Pilgub Kepada Tokoh Masyarakat

id #pilkada#calon gubernur#

KPU Sosialisasi Pilgub Kepada Tokoh Masyarakat

Padangan gubernur dan wakil gubernur Sumbar 2015 (cc)

Padang Panjang, (Antara) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat menyosialisasikan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur provinsi itu kepada tokoh masyarakat yang ada di daerah itu.

Ketua KPU Padang Panjang Jafri Edi Putra di Padang Panjang, Rabu mengatakan, sosialisasi kepada tokoh masyarakat merupakan sasaran utama dari pihak penyelenggara, karena mereka (tokoh masyarakat) merupakan panutan di lokasi tempat tinggalnya.

"Tokoh masyarakat merupakan pemilih yang menjadi panutan anak kemanakan (ponakan) yang bisa mendongkrak partisipasi pemilih pada Pilgub 9 Desember 2015," ujarnya.

Tokoh masyarakat itu kata dia, juga sangat berperan aktif baik atau buruknya persentase pemilih di pada Pemilu termasuk Pilgub.

"Tokoh masyarakat itu pendapatnya sering didengar oleh masyarakat sekitar, karena sudah dituakan dalam sebuah kaum atau kampung," sebutnya.

Sosialisasi yang diikuti sekitar 100 orang tokoh masyarakat di Padang Panjang itu sangat menarik para peserta, karena Pilkada serentak tahun ini memiliki regulasi yang berbeda dengan yang sebelumnya.

"Kami merasa puas dengan paparan sepanjang regulasi yang di sampaikan oleh komisioner KPu Padang Panjang, namun ada beberapa catatan yang perlu dilakukan dalam meningkatkan partisipasi pemilih," ujar salah seorang peserta sosialisasi Pilgub Maison.

Menurut dia, KPU hendanya mencari terobosan baru dalam menarik minat masyarakat dalam menyalurkan hak pilih sebagai warga negara pada Pilgub.

"Banyak hal yang bisa dilakukan oleh KPU untuk menarik minat masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya seperti mengadakan "doorprize" di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS)," katanya.

Meski hanya berlangsung beberapa jam saja, sosialisasi yang penuh dengan masukan kepada KPU itu, berlangsung lancar dengan harapan bisa disosialisasikan juga kepada masyarakat wajib pilih lainnya. (*)