Kepala Bapedalda Padang: Asap Tidak Pengaruhi KTT-IORA

id KTT, IORA, Kabut Asap

Padang, (AntaraSumbar) - Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kota Padang, Edi Hasymi mengatakan bahwa kabut asap tidak mempengaruhi pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (KTT-IORA).

"Kondisi kabut asap di Padang saat ini, diyakini tidak akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pelaksanaan IORA," katanya di Padang, Senin.

Ia menjelaskan, berdasarkan pengujian terhadap kualitas udara di Kota Padang pada hari Senin pukul 8.00 WIB, ISPU udara masih berada di angka 230 yang berarti masuk dalam kategori tidak sehat.

Meskipun begitu, katanya menegaskan bahwa kondisi tersebut tidak akan berpengaruh terhadap penyelenggaraan KTT IORA, karena kegiatannya sebagian besar diadakan dalam ruangan.

"Kalaupun ada delegasi yang turun untuk melihat lokasi-lokasi wisata di Padang, itu tidak masalah karena kondisi udaran yang masih memungkinkan," ujarnya.

Ia menyebutkan, bahwa tingkat ISPU di setiap wilayah berbeda, apalagi saat ini kualitas udara selalu berubah-ubah dengan cepat berdasarkan sumber asap dan arah angin.

"Jangankan dengan kabupaten lain, di Padang saja tingkat ISPU di salah satu kecamatan berbeda dengan kecamatan lainnya," ujarnya.

KTT IORA dijadwalkan dilaksanakan pada 20 sampai 23 Oktober 2015 yang diikuti oleh 20 negara-negara yang berada di sepanjang Samudera Hindia.

Sementara itu, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah memaparkan bahwa keanggotaan Indonesia dalam IORA sangat penting artinya bagi pertumbuhan ekonomi kedepan, apalagi bagi Kota Padang karena sebagian besar pelaksanakan kegiatannya diadakan di kota tersebut.

"Tentu ini suatu kesempatan yang bisa dimanfaatkan sebagai ajang promosi, disamping memperkuat kerjasama dengan negara-negara anggota IORA," katanya. (cpw9)